Penyakit Diabetes Tidak Bisa Disembuhkan, Ini Penjelasan Dokter Spesialis

Monday, 18 December 2023
Penyakit Diabetes Tidak Bisa Disembuhkan, Ini Penjelasan Dokter Spesialis
Penyakit Diabetes Tidak Bisa Disembuhkan, Ini Penjelasan Dokter Spesialis


KesehatanPerlu diketahui, penderita diabetes tidak bisa sembuh atau kembali normal, tetapi penyakit tersebut dapat dikontrol, ungkap Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit Medistra Dr. Gunawan, Sp.PD

"Kriterianya yaitu normal, pra diabetes dan menjadi diabetes. Kalau sudah nyemplung ke diabetes itu tidak bisa kembali lagi menjadi normal tidak bisa lagi menjadi pra diabetes," ungkap Dr. Gunawan, Sabtu (16/12/23).

Dr. Gunawan juga menjelaskan saat penderita diabetes memiliki kadar gula normal atau pemeriksaan HbA1c berada di angka 5,7 persen, hal tersebut bukan berarti mereka sembuh dari diabetes, melainkan diabetesnya telah terkontrol.

Baca Juga: Pejuang Diet wajib Tahu! Berikut Sederet Makanan Rendah Gula

"Diabetes itu belum bisa sembuh sampai sekarang. Sama seperti darah tinggi itu tidak bisa sembuh, jadi biasanya kita kontrol saja, karena sudah mulai ada kerusakan. Mungkin 5 sampai 10 tahun lagi sudah ada obatnya untuk menyembuhkan diabetes, kita tunggu saja," jelas Dr. Gunawan.

Dilansir dari TB News, penyebab terjadinya diabetes yang sering ditemukan adalah obesitas, kurangnya aktivitas fisik, merokok, riwayat diabetes dalam keluarga, dan tingginya gula darah selama kehamilan. Dr. Gunawan menggarisbawahi perlunya kehati-hatian khusus terhadap gula darah tinggi selama kehamilan.

Baca Juga: Atikoh Ganjar: Gaya Hidup Sehat Harus Dimulai dari Diri Sendiri, Salah Satunya dengan Olahraga

Dr. Gunawan menekankan bahwa diabetes dapat dicegah dengan langkah-langkah sederhana, seperti menjaga berat badan, melakukan aktivitas fisik teratur, menjaga pola makan, dan berhenti merokok.

Ini merupakan langkah pertama yang dapat diambil untuk menghindari diabetes.

Untuk mengurangi konsumsi makanan tinggi karbohidrat dan melakukan olahraga kardio secara teratur.

Baca Juga: Siap-Siap! Ini Tiga Zodiak yang Akan Jalani Minggu Terbaik di Tanggal 18-24 Desember 2023, Kamu Termasuk?

Meskipun demikian, penting untuk memeriksa kesehatan jantung sebelum memulai olahraga yang berisiko tinggi.

"Jadi kita bisa mencegah diabetes dengan cara menurunkan faktor risiko kita, misalnya menurunkan berat badan, melakukan aktivitas fisik yang teratur, menjaga makanan, dan minum obat," tutup Dr. Gunawan, Sabtu (16/12/23).

 

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: suaraburuh.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini