7 Jenis Minuman untuk Atasi Batu Ginjal Secara Alami, Mulai dari Jus lemon Hingga Seledri

Sunday, 4 February 2024
7 Jenis Minuman untuk Atasi Batu Ginjal Secara Alami, Mulai dari Jus lemon Hingga Seledri
7 Jenis Minuman untuk Atasi Batu Ginjal Secara Alami, Mulai dari Jus lemon Hingga Seledri

indonesiatoday.co.id - Batu ginjal masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang menghantui masyarakat. Batu ginjal juga disebut nefrolitiasis atau urolitiasis. Keadaan ini dikarenakan adanya endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal Anda.

Meskipun banyak metode pengobatan untuk penderita batu ginjal, beberapa orang masih menggunakan cara alami untuk mengatasi masalah tersebut. Hal tersebut merupakan upaya mengatasi batu ginjal secara alami dan efektif, tanpa efek samping di kemudian hari. 

Berikut adalah beberapa jenis minuman yang dapat digunakan sebagai metode untuk mengatasi batu ginjal secara alami, tanpa perlu khawatir efek negatif yang ditimbulkan. 

  1. Konsumsi Air

Menambah asupan air dapat membantu mempercepat proses pengeluaran batu ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa, minum air yang cukup untuk menghasilkan sekitar dua liter urin setiap hari, berguna untuk mencegah batu ginjal. 

Dehidrasi merupakan salah satu faktor risiko utama batu ginjal. Oleh karena itu, untuk menghindari dehidrasi dapat mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

Salah satu cara yaitu dengan memperhatikan warna urin. Warna urin yang terang atau kuning pucat menandakan bahwa tubuh masih terhidrasi, sedangkan urin berwarna kuning tua, merupakan tanda dehidrasi.    

  1. Minum Jus Lemon

Selain air, untuk mencegah dan membantu permasalahan batu ginjal, dapat menambahkan perasan lemon. Lemon mengandung sitrat dan bahan kimia, yang dapat mencegah terbentuknya batu kalsium. Selain itu, sitrat juga dapat memecah batu-batu kecil, sehingga penyakit batu ginjal dapat keluar dengan mudah.    

  1. Membuat Jus Kemangi

Kemangi mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Biasanya orang-orang yang tradisional menggunakan jus kemangi untuk gangguan pencernaan dan peradangan. 

Selain itu, kemangi mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Melalui penelitian yang pernah dilakukan, kemangi dapat membantu mendukung fungsi ginjal.

  1. Larutkan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat, yang dapat membantu untuk melarutkan batu ginjal. Selain itu, sari cuka apel dapat membersihkan ginjal, serta meringankan rasa sakit akibat batu ginjal. Tidak hanya itu, mengonsumsi cuka ini dapat mengurangi pembentukan batu ginjal.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: jawapos.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler