Minuman Teh Sereh, Kunci Kesehatan dan Kenyamanan Tubuh di Pagi Hari

Sunday, 7 January 2024
Minuman Teh Sereh, Kunci Kesehatan dan Kenyamanan Tubuh di Pagi Hari
Minuman Teh Sereh, Kunci Kesehatan dan Kenyamanan Tubuh di Pagi Hari

indonesiatoday.co.id- Sereh atau serai, yang umumnya dikenal sebagai bumbu penyedap masakan, ternyata memiliki potensi lebih dari sekadar memberikan rasa wangi pada hidangan.

Menurut laporan dari Times of India pada 4 Januari 2024, sereh dapat diolah menjadi minuman herbal yang tidak hanya menyegarkan tapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan, terutama jika diminum di pagi hari.

Kandungan Nutrisi Sereh

Sereh memiliki aroma wangi yang khas dan mengandung beragam nutrisi penting bagi kesehatan. Vitamin A dan vitamin C yang tinggi dalam sereh menjadi nutrisi utama yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit dan rambut.

Baca Juga: Kemenkes Imbau Peran Aktif Masyarakat, Memutus Penularan Virus Polio dengan Imunisasi Rutin Polio Lengkap

Cara Pembuatan Teh Sereh

Untuk menikmati manfaat teh sereh, caranya pun cukup sederhana. Rebus 4-5 batang sereh tua dalam air mendidih, dan raciklah sebagai minuman herbal yang siap diminum.

Manfaat Teh Sereh: Memperkuat Imunitas Tubuh

Teh herbal berbahan dasar sereh dapat dijadikan cara alami untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan kandungan zat antioksidan tinggi, minuman ini dapat membantu detoksifikasi tubuh dari dalam, membantu menghilangkan racun dan retensi cairan.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam teh sereh bermanfaat untuk memperbaiki masalah kesehatan kulit dan rambut. Konsumsi rutin teh sereh dapat membantu mencegah jerawat, mengurangi kulit berminyak, dan bahkan efektif untuk mengatasi ketombe serta gatal pada kulit kepala.

Melancarkan Pencernaan

Masalah pencernaan dapat diatasi dengan menggunakan teh sereh. Dalam sebuah penelitian, sereh terbukti efektif dalam mengobati masalah pencernaan seperti sembelit, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya. Bahkan, penelitian pada tahun 2012 menunjukkan keefektifan sereh dalam melawan tukak lambung.

Baca Juga: Kemenkes Temukan Kasus Lumpuh Layu Akut pada Anak Akibat Virus Polio Tipe Dua

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: kabarpalu.net

Komentar

Artikel Terkait

Terkini