Menjaga Kesehatan Mata: Panduan Lengkap Mengurangi Mata Minus dengan Bijak

Saturday, 3 February 2024
Menjaga Kesehatan Mata: Panduan Lengkap Mengurangi Mata Minus dengan Bijak
Menjaga Kesehatan Mata: Panduan Lengkap Mengurangi Mata Minus dengan Bijak

indonesiatoday.co.id - Mata minus atau miopia adalah kondisi mata di mana seseorang memiliki kesulitan melihat objek yang jauh.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh panjang mata yang lebih panjang dari normal atau kurangnya kelenturan lensa mata.

Meskipun faktor genetik memainkan peran penting dalam pengembangan mata minus, terdapat juga sejumlah tindakan yang dapat diambil untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah kemajuan mata minus.

Berikut adalah beberapa tips sehat untuk mengurangi mata minus:

1. Pergunakan Kacamata atau Lensa Kontak Secara Tepat

Jika Anda telah didiagnosis dengan mata minus, penting untuk menggunakan kacamata atau lensa kontak sesuai dengan resep dokter mata.

Penggunaan perangkat koreksi ini membantu memfokuskan cahaya pada retina, mengurangi tekanan pada mata, dan mencegah kelelahan mata.

2. Istirahat Mata Secara Rutin

Bekerja di depan komputer atau layar digital untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kelelahan mata. Untuk mengurangi efek mata minus, lakukan istirahat mata setiap 20 menit sekali dengan cara mengalihkan pandangan Anda ke objek yang berjarak jauh selama 20 detik. Teknik ini dikenal sebagai aturan 20-20-20.

3. Perbanyak Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Makanan yang kaya akan nutrisi tertentu dapat membantu memelihara kesehatan mata. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin A, C, E, zinc, omega-3, dan lutein. Buah dan sayuran berwarna cerah seperti wortel, bayam, brokoli, dan jeruk sangat baik untuk kesehatan mata.

4. Lakukan Olahraga Mata

Olahraga mata dapat membantu mengurangi kelelahan mata dan meningkatkan fleksibilitas lensa mata.

Latihan sederhana seperti berkedip cepat, menggerakkan mata secara melingkar, atau fokus pada objek dekat dan jauh dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: pronusantara.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler