Gigi Depan Ompong Saat Usia Remaja, Apakah Bisa Tumbuh Kembali? Simak Faktanya

Wednesday, 3 January 2024
Gigi Depan Ompong Saat Usia Remaja, Apakah Bisa Tumbuh Kembali? Simak Faktanya
Gigi Depan Ompong Saat Usia Remaja, Apakah Bisa Tumbuh Kembali? Simak Faktanya

indonesiatoday.co.id - Jika menemukan gigi ompong saat usia remaja dapat dikenali menurut jenis giginya.

Masih banyak pertanyaan mengenai apakah gigi ompong saat usia remaja bisa tumbuh kembali? Di artikel ini akan dijelaskan tentang fakta gigi ompong, simak hingga selesai.

Gigi merupakan bagian dari alat mengunyah pada sistem pencernaan manusia, jenis gigi dibagi menjadi dua yaitu gigi susu atau gigi primer dan gigi permanen atau gigi sekunder.

Tidak hanya anak-anak, usia remaja hingga dewasa bisa mengalami gigi copot dengan berbagai faktor penyebab. Penyebab gigi tanggal bisa dipengaruhi oleh trauma gigi, penyakit gusi, hingga autoimun.

Pada anak-anak, pertumbuhan gigi ompong akan mudah digantikan dengan pertumbuhan gigi baru. Namun, sebagian besar remaja mengeluh merasa malu akibat gigi ompong.

Baca Juga: Jangan anggap Sepele, Sakit Gigi bisa Memicu Penyakit Jantung hingga Kematian

Pertumbuhan gigi dialami dua kali selama masa hidup, jenis gigi susu atau gigi primer tumbuh pada usia bayi 6 bulan - 3 tahun, pada usia maksimal tersebut rata-rata terdapat 20 gigi susu pada rahangnya.

Gigi susu akan copot secara bertahap dan digantikan dengan campuran pertumbuhan gigi permanen atau gigi sekunder di usia 5 - 6 tahun dan selesai masa remaja awal.

Pada usia 12 - 13 tahun, gigi secara keseluruhan biasanya telah digantikan dengan gigi permanen. Namun, jika gigi patah atau ada pembusukan maka gigi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk tumbuh.

Baca Juga: Cara Alami Mengatasi Gigi Bungsu, Berikut Gejala, Penyebab dan Faktor Risikonya

Solusi Gigi Ompong Bagi Remaja

Semakin bertambah usia, risiko masalah pada gigi akan semakin kompleks hingga pada akhirnya gigi tanggal dan ompong.

Sebagian orang memiliki gigi susu yang belum pernah copot hingga remaja, sehingga ini memungkinkan pertumbuhan gigi bagi usia remaja hingga dewasa. 

Namun, diketahui usia remaja hingga dewasa sulit mengalami pertumbuhan gigi, namun tidak menutup kemungkinan dapat tumbuh gigi jika benih gigi masih ada.

Pada akhirnya, cara yang harus ditempuh bagi gigi yang ompong pada remaja adalah sebagai berikut:

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: suratdokter.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini