WHO Peringatkan Masyarakat Dunia Untuk Bersiap Hadapi Penyakit X yang Diprediksi Bakal Jadi Pandemi Berikutnya, Apa Itu?

Sunday, 21 January 2024
WHO Peringatkan Masyarakat Dunia Untuk Bersiap Hadapi Penyakit X yang Diprediksi Bakal Jadi Pandemi Berikutnya, Apa Itu?
WHO Peringatkan Masyarakat Dunia Untuk Bersiap Hadapi Penyakit X yang Diprediksi Bakal Jadi Pandemi Berikutnya, Apa Itu?

indonesiatoday.co.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan masyarakat dunia untuk bersiap menghadapi penyakit 'Disease X' atau penyakit X.

Para pemimpin dunia dan sejumlah pakar menyatakan kini tengah menyiapkan pencegahan penyakit X untuk pandemi berikutnya setelah Covid 19

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, telah bergabung dengan para pemimpin dunia di KTT Davos untuk membahas strategi menghadapi potensi pandemi akibat penyakit X ini.

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Berencana Naikan Pajak Sepeda Motor Bensin, Begini Penjelasannya

“Ketika musim dingin membawa kembali lonjakan penyakit pernafasan dan praktik era pandemi seperti keharusan menggunakan masker, para ahli kesehatan global berpikir ke depan tentang bagaimana mempersiapkan diri menghadapi wabah besar berikutnya,” tulis laporan dalam Al Jazeera.

Dikutip dari laman resmi WHO, penyakit X adalah sebuah penyakit yang belum diketahui secara pasti tapi potensial menjadi ancaman kesehatan di masa depan. 

Istilah penyakit X kali pertama diperkenalkan pada 2018 untuk menggambarkan potensi penyakit yang menimbulkan ancaman mikroba serius bagi manusia.

Baca Juga: Diisukan Akan Mundur dari Kabinet Pemerintahan Jokowi, Menkeu Sri Mulyani Akhirnya Buka Suara

Tidak hanya merujuk pada penyakit saja, tapi juga bisa ditujukan untuk agen infeksi atau kuman baru yang bisa menyebabkan epidemi secara global. 

Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins Amesh Adalja menyampaikan, penyakit X kemungkinan besar berasal dari virus pernapasan, yang asal-usulnya dari hewan atau dikenal dengan penyakit zoonosis.

“Bisa dari kelelawar seperti Covid 19, bisa dari burung seperti flu burung, atau bisa juga dari jenis hewan lain, babi misalnya,” kata Adalja, dikutip dari CBS News.  

Baca Juga: Ingat! Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport Tidak Boleh Dipakai Ngebut di Jalan, Ini Alasannya

Selain itu, sambung Adalja, ada juga kemungkinan patogen tersebut sudah beredar pada spesies hewan namun belum bisa menular ke manusia.

WHO menambahkan Penyakit X ke dalam daftar patogen yang menjadi prioritas utama penelitian pada 2018, selain itu ada juga penyakit lain, seperti Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS) dan Ebola.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: rubicnews.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini