Tips Perawatan Kulit Sederhana dari MinBHI: Hindari Sunburn dan Dapatkan Kulit Sehat dengan 5 Langkah Mudah!

Thursday, 25 January 2024
Tips Perawatan Kulit Sederhana dari MinBHI: Hindari Sunburn dan Dapatkan Kulit Sehat dengan 5 Langkah Mudah!
Tips Perawatan Kulit Sederhana dari MinBHI: Hindari Sunburn dan Dapatkan Kulit Sehat dengan 5 Langkah Mudah!

indonesiatoday.co.id - Sinar matahari, sumber kehidupan di Bumi, dapat memberikan manfaat kesehatan melalui paparan vitamin D.

Namun, kelebihan paparan sinar matahari tanpa perlindungan yang memadai dapat menyebabkan sunburn, yang dapat menjadi awal dari sejumlah permasalahan kulit, bahkan kanker kulit.

Dalam upaya mencegah dan mengatasi sunburn, MinBHI (Minuman Bermanfaat untuk Hidup Impian) membagikan beberapa tips perawatan sederhana yang dapat dilakukan di rumah.

Jadi, mari simak langkah-langkahnya untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan terlindungi.

1. Hindari Sinar Matahari Langsung

Saat kulit sudah menunjukkan gejala sunburn, seperti kemerahan, perih, dan gatal, langkah pertama yang perlu diambil adalah menghindari paparan sinar matahari langsung. Mengenakan pakaian tertutup dan penutup kepala adalah cara efektif untuk melindungi kulit dari kerusakan lebih lanjut.

Baca Juga: 5 Serum Pencerah Kulit Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui: Rekomendasi Terbaik dari Brand Lokal Indonesia!

2. Kompres dengan Air Dingin

Perawatan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan kompres air dingin. Caranya, siapkan handuk dan air dingin dalam wadah, lalu kompreskan pada kulit yang terbakar selama beberapa menit.

Selain itu, proses ini membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat pemulihan kulit yang terpapar sinar matahari secara berlebihan.

3. Oleskan Lidah Buaya atau Gel Aloe Vera

Lidah buaya, dengan kandungan enzim, mineral, Vitamin C, Vitamin E, dan antioksidan, dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit.

Jika ada tanaman lidah buaya di rumah, cukup ambil sebatang lidah buaya, oleskan pada kulit yang terbakar, diamkan selama 10-15 menit, dan bilas. Alternatifnya, gunakan gel aloe vera yang siap pakai jika tidak memiliki tanaman lidah buaya.

4. Memakai Pelembap

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: notifindonesia.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini