Tanaman Sereh, Lebih dari Sekadar Bumbu Masak, Berikan Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan dan Lingkungan

Wednesday, 10 January 2024
Tanaman Sereh, Lebih dari Sekadar Bumbu Masak, Berikan Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan dan Lingkungan
Tanaman Sereh, Lebih dari Sekadar Bumbu Masak, Berikan Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan dan Lingkungan

indonesiatoday.co.id- Tanaman sereh, yang dikenal sebagai bumbu masak khas Indonesia, ternyata memiliki manfaat luar biasa yang melampaui kegunaannya dalam memasak.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman sereh memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan dan lingkungan, sehingga tanaman sereh sering kita jumpai di perkarangan rumah milik masyarakat yang di jadikan sebagai bumbu masak.

Karena begitu banyaknya manfaat dari tanaman sereh yang begitu luar biasa sehingga membuat banyak orang menanamnya baik sebagai kebutuhan pribadi yaitu sebagai bumbu masak maupun tujuan komersil.

Baca Juga: Daun Bidara Adalah Tanaman Herbal Yang Kaya Dengan Manfaat Kesehatan dan Kecantikan

Namun kali ini indonesiatoday.co.id bukan hanya membahas manfaat dari tanaman sereh sebagai bumbu masak, akan tetapi dari sisi manfaat lainnya yang tentunya berguna bagi kehidupan kita sehari- hari.

Salah satu manfaat utama tanaman sereh adalah sebagai pengusir serangga alami seperti nyamuk dan lain sebagainya, hal tersebut bisa kita buktikan sendiri kalau tidak ada serangga yang mau hinggap di tanaman sereh.

Selain itu kandungan minyak atsiri yang dimiliki oleh sereh ternyata dapat mengusir serangga seperti nyamuk dan lalat, tentunya dengan pengaplikasian yang benar kamu bisa memperoleh manfaatnya.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Luar Biasa Tanaman Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit Wajah Kamu Agar Tetap Sehat dan Awet Muda

Dengan menanam sereh di sekitar rumah atau di halaman, kita dapat mengurangi ketergantungan pada bahan kimia pengusir serangga yang dapat berdampak buruk pada lingkungan.

Selain itu, sereh juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Kandungan citronella yang terdapat dalam tanaman ini dapat membantu melawan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit.

Beberapa studi bahkan menunjukkan bahwa ekstrak sereh dapat membantu mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan dan pilek, karena itu sebagian orang menggunakan sereh sebagai bahan campuran pada minuman- minuman herbal, seperti Bandrek dan Wedang Jahe.

Baca Juga: Air Kelapa Muda,Dibalik Rasa Yang Lezat Juga Memiliki Manfaat Yang Luar Biasa dan Kandungan gizi yang Berlimpah.

Dalam bidang kesehatan, sereh juga dikenal memiliki efek menenangkan pada sistem saraf. Minyak atsiri yang terkandung dalam sereh dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Beberapa orang menggunakan sereh sebagai bahan untuk minyak aromaterapi atau teh herbal yang memiliki efek relaksasi, itulah sebabnya tanaman sereh ini bukan tanaman remeh meskipun di pasaran harga 1 batang sereh hanya Rp 500.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: perstoday.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini