Selain Biduran, Ini Sederet Jenis Alergi pada Kulit dan Penyebabnya

Saturday, 3 February 2024
Selain Biduran, Ini Sederet Jenis Alergi pada Kulit dan Penyebabnya
Selain Biduran, Ini Sederet Jenis Alergi pada Kulit dan Penyebabnya

KALBAR DIGITAL - Anda harus tahu jika alergi pada kulit memiliki jenis yang berbeda-beda. Dengan mengetahui perbedaan jenis-jenis alergi kulit, ini dapat memudahkan Anda dalam penanganan dan pengobatan.

Namun, alergi kulit memiliki satu penyebab yang sama yaitu ketika zat bernama alergen dalam tubuh yang membuat sistem imun bereaksi.

Baca Juga: Walaupun Terkenal, Ternyata Sederet Makanan Ini Mengandung Racun, Diantaranya Singkong

Alergi kulit terjadi ketika tubuh menghadapi alergen yang dianggap berbahaya. Sistem kekebalan tubuh akan bereaksi berlebihan, dan melepaskan antibodi untuk melawan alergen.

Berikut beberapa jenis alergi kulit dan penyebabnya, antara lain:

1. Dermatitis kontak

Jika kamu pernah mengalami ruam setelah memakai cincin baru atau menggunakan sabun yang berbeda, kamu mungkin pernah mengalami kondisi ini. Kulit dapat menyentuh alergen, seperti nikel atau bahan kimia dalam sabun, losion, atau tabir surya.

Partikel di udara, seperti serbuk sari, juga bisa memicu dermatitis saat mendarat di kulit. Dokter menyebutnya “dermatitis kontak udara”. Dalam beberapa kasus, seseorang dapat bereaksi setelah berada di bawah sinar matahari.

Kondisi ini bernama dermatitis kontak fotoalergi. Ini bisa terjadi karena beberapa bahan kimia, seperti tabir surya, losion cukur, dan parfum.

2. Eksim

Eksim atau dermatitis atopik biasa menyerang 10-20 persen anak-anak dan 1-3 persen orang dewasa. Gejala umum eksim adalah kulit kering, merah, iritasi, dan gatal. Kulit juga dapat memiliki benjolan kecil berisi cairan yang mengeluarkan cairan bening atau kekuningan. Eksim juga dapat berasal dari faktor genetik.

3. Biduran

Biduran atau urtikaria merupakan benjolan bilur merah yang muncul di tubuh. Kondisi ini akan menjadi akut jika berlangsung lebih dari enam minggu.

Biduran akut paling sering terjadi karena paparan alergen atau infeksi. Penyebab biduran akut sebagian besar masih belum diketahui.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: kalbardigital.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler