Sandiaga Uno Ingatkan Masyarakat Gunakan Masket Saat Liburan Natal dan Tahun Baru Usai Kasus Covid-19 Kembali Naik

Wednesday, 20 December 2023
Sandiaga Uno Ingatkan Masyarakat Gunakan Masket Saat Liburan Natal dan Tahun Baru Usai Kasus Covid-19 Kembali Naik
Sandiaga Uno Ingatkan Masyarakat Gunakan Masket Saat Liburan Natal dan Tahun Baru Usai Kasus Covid-19 Kembali Naik

indonesiatoday.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menghimbau masyarakat yang hendak liburan atau mudik Natal dan tahun baru keluar kota atau menggunakan kendaraan pribadi untuk senantiasa menggunakan masker.

Kebijakan ini sebagai sikap atas meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia terutama di DKI Jakarta.

Untuk mencegah ledakan penyebaran yang lebih besar Sandiaga Uno meminta masyarakat juga untuk berlibur di dalam negeri dahulu. Sebab di Singapura dan Malaysia tengah terjadi kenaikan kasus Covid-19.

Baca Juga: Libur Panjang KAI Hadirkan Promo 12.12, Naik Kereta Api Ekonomi hingga Eksekutif Dapat Potongan 20 Persen

"Sekarang kasus Covid meningkat oleh karena itu kami mengimbau wisatawan agar berwisata di Indonesia aja. Saya sendiri juga masih bawa masker sekarang karena di sekitar kita sudah mulai banyak yang batuk-batuk dan pilek, ini jangan dianggap enteng tapi jagalah kesehatan," pesan Sandiaga Uno dalam konferensi pers pada Senin (18/12).

Menyusul kebijakan ini PT KAI yang melayani perjalanan moda transportasi kereta api antar daerah juga meminta penumpang memakai masker dan membawa masker. Selain penumpang petugas di kereta dan stasiun juga akan diminta kembali memakai masker.

Baca Juga: Tidak Perlu Takut Kehabisan, PT KAI Tambah 34 Kereta Api Jelang Liburan Natal dan Tahun Baru

"Sebagai langkah pencegahan, KAI memastikan seluruh petugas telah dilakukan vaksinasi,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Interior di dalam kereta api juga dilakukan sterilisasi dari kuman setiap sebelum kereta dimasuki oleh penumpang.

Baca Juga: KAI Tebar Diskon 25 Persen untuk Semua Kelas, Simak 57 Daftar Kereta Api yang Dapat Tarif Promo

“Sebelum kereta api beroperasi setiap harinya, kami selalu mencuci baik eksterior maupun interior dengan bahan-bahan yang dapat membunuh kuman. Setelah kereta api selesai beroperasi pun, kami lakukan fumigasi di tempat perawatan," tambahnya.

Dinkes DKI Jakarta juga sebelumnya telah berpesan kepada masyarakat yang ingin keluar merayakan malam pergantian tahun di beberapa titik kerumunan diminta untuk memakai masker untuk mencegah penularan yang tidak terduga.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: rbg.id

Komentar

Artikel Terkait

Terkini