Mengenal Sejuta Manfaat Tanaman Toga yang Dapat Dibudidayakan Di Rumah (Part 1)

Tuesday, 9 January 2024
Mengenal Sejuta Manfaat Tanaman Toga yang Dapat Dibudidayakan Di Rumah (Part 1)
Mengenal Sejuta Manfaat Tanaman Toga yang Dapat Dibudidayakan Di Rumah (Part 1)



indonesiatoday.co.id-Toga atau biasanya disebut Tanaman Obat Keluarga ini banyak sekali jenisnya. Karena banyaknya ini kadang sering kali tidak disadari manfaat dan khasiatnya.

Menanam toga tidak diperlukan lahan yang besar. Sebab toga akan tumbuh besar dan tidak memakan banyak tempat.

Apa saja sih yang termasuk dalam jenis tanaman toga ini? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Longsor Terjadi di Subang Jawa Barat. 2 Orang Meninggal dan 11 Orang Luka-Luka.

Petama ada tanaman seledri. Tanaman ini sering dijumpai dalam sayuran sop. Selain sebagai pelengkap, seledri ini digunakan sebagai aromatik dalam sebuah masakan.

Seledri memiliki kandungan 16 kalori per 100 gramnya. Seledri ini juga memiliki kandungan yang baik di dalamnya. Antara lain vitamin A, vitamin C, Vitamin B1, zat besi, kalium, dan mineral.

Daun seledri ini mempunyai segudang manfaat yang dipercaya. Antara lain dapat mengobati tekanan darah tinggi, mencegah pembentukan batu di kantung empedu, menenangkan sistem saraf, mengembalikan nafsu makan dan lain-lain.

Baca Juga: Pacu Adrenalin, Atlet Panjat Tebing Kota Probolinggo Diajak Mengenal Alam Lewat Outbond di Kaki Gunung Argopuro

Selain itu seledri juga memiliki manfaat untuk menjaga kecantikan wajah dan bisa mencegah timbulnya kerutan jika dikonsumsi secara rutin.

Yang kedua adalah tanaman kangkung. Mungkin sebagian orang menganggap kangkung hanya sebagai sayuran saja.

Tetapi kangkung memiliki manfaat lainnya yaitu bisa meredakan sakit gigi. Dengan mengunyah daun kangkung bisa dipercaya dapat meredakan sakit gigi.

Baca Juga: Tujuh Desa di Kabupaten Probolinggo ini Dipenuhi Wanita Cantik, Bonus Panorama Alam yang Juga Cantik

Karena daun kangkung mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh kuman-kuman yang ada pada gigi.

Selain itu kangkung juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, fosfor, dan zat besi lainnya. Vitamin C dalam kangkung dapat mencegah sariawan dan gusi berdarah.

Meskipun kangkung mempunyai manfaat dan vitamin yang banyak. Kangkung juga dikenal sebagai sayuran pemicu kantuk.

Baca Juga: Update Ramalan Zodiak Senin 8 Januari 2024, Leo Bersikap Tenanglah Kepada Pasangan Virgo Bersabarlah Jangan Menyerah

Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang ada di kangkung membuat mata menjadi berat. Sehingga seperti ada dorongan tidur yang kuat setelah memakan sayur kangkung.

Tapi ini baik bagi penderita insomnia. Cobalah konsumsi sayur kangkung agar bisa mengobati kesulitan tidur.

Jenis tanaman toga berikutnya adalah belimbing wuluh. Belimbing ini biasanya digunakan untuk memasak sayur asem atau sambal belimbing.

Baca Juga: Update Ramalan Zodiak Senin 8 Januari 2024, Gemini Perhatikan Lagi Perencanaan yang Dibuat Cancer Cobalah Kendalikan Emosi

Selain untuk masakan belimbing wuluh memiliki manfaat seperti mengobati sariawan, mengatasi jerawat, mengatasi panu, melegakan nafas, dan mencairkan batuk.

Untuk mencairkan batuk, bisa ambil sedikit bunga belimbing wuluh. Campur dengan gula batu kemudian kukus. Saring air yang dihasilkan dan minumkan secara bertahap.

Kelor juga masuk dalam daftar tanaman toga. Kelor ini sangat mudah dicari dan ditanam. Memeliharanya pun tidaklah sulit. Cukup disiram rutin setiap hari saja.

Baca Juga: Update Ramalan Zodiak Senin 8 Januari 2024, Aries Ambil Kesempatan Besar Taurus Pertahankan Cara Berkomunikasi

Kelor sudah diteliti oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO. Menurut WHO kelor adalah tanaman ajaib dengan banyak manfaat.

Baik dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Daun kelor ini dipercaya bisa menjadi obat yang murah tetapi manjur.

Kelor sendiri memiliki manfaat untuk mengobati panas dalam, demam, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh serta meningkatkan serum kolesterol alami.

Baca Juga: Yuk Cek 5 Zodiak yang Mempunyai Sifat Keibuan, Cocok Untuk Kamu yang Mencari Pasangan dengan Karakter Lemah Lembut

Daun kelor juga berkhasiat menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Mengatasi berbagai keluhan yang timbul karena kekurangan mineral dan vitamin.***

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: suarahits.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini