Mengenal Jenis TOGA yang Bisa Dibudidayakan Di Rumah. Berikut Manfaatnya dan Khasiatnya (Part 2)

Monday, 8 January 2024
Mengenal Jenis TOGA yang Bisa Dibudidayakan Di Rumah. Berikut Manfaatnya dan Khasiatnya (Part 2)
Mengenal Jenis TOGA yang Bisa Dibudidayakan Di Rumah. Berikut Manfaatnya dan Khasiatnya (Part 2)


indonesiatoday.co.id-Toga atau biasanya disebut Tanaman Obat Keluarga ini banyak sekali jenisnya. Karena banyak ini kadang sering sekali tidak disadari manfaat dan khasiatnya.

Menanam toga ini bisa dibudidayakan di rumah. Tidak perlu lahan yang besar, sebab toga akan tumbuh besar dan tidak memakan tempat.

Apa saja sih yang termasuk dalam jenis tanaman toga ini? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Jenis TOGA yang Bisa Dibudidayakan Di Rumah. Berikut Manfaatnya dan Khasiatnya (Part 1).

Pasti sudah familiar dengan daun dewa kan? Daun ini termasuk dalam jenis tanaman toga yang direkomendasikan budidayanya.

Daun dewa ini memiliki banyak sekali manfaat. Antara lain melancarkan sirkulasi darah, mengobati luka memar. Menurunkan tekanan darah tinggi, menghentikan pendarahan, pereda nyeri, penurun panas, kencing manis, dan obat pembersih racun.

Selain itu senyawa saponin, flavonoid dan atsiri dalam daun dewa berkhasiat mengobati muntah darah dan payudara bengkak.

Baca Juga: Pacu Adrenalin, Atlet Panjat Tebing Kota Probolinggo Diajak Mengenal Alam Lewat Outbond di Kaki Gunung Argopuro

Penggunaan daun dewa untuk pengobatan bisa dalam bentuk daun segar atau ekstraknya.

Seperti untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Cukup mengambil daun dewa yang segar sebanyak tujuh lembar. Pilih daun dewa yang cukup lebar dan siap panen.

Kemudian cuci terlebih dahulu. Jika sudah bersih rebus daun dewa bersama tiga gelas air hingga tersisa kira-kira dua gelas.

Baca Juga: Longsor Terjadi di Subang Jawa Barat. 2 Orang Meninggal dan 11 Orang Luka-Luka.

Air rebusan ini diminum sebanyak dua kali dalam sehari setelah makan. Selain dimasak, daun dewa juga bisa dijadikan lalapan makan.

Selanjutnya ada daun saga sambat. Tanaman toga ini biasanya banyak tumbuh liar di pekarangan rumah, kebun atau pinggir jalan.

Saga sambat ini mempunyai dua jenis yaitu saga rambat dan saga pohon. Saga termasuk dalam tanaman gulma. Karena keberadaannya mengganggu tanaman yang sengaja ditanam.

Baca Juga: Tujuh Desa di Kabupaten Probolinggo ini Dipenuhi Wanita Cantik, Bonus Panorama Alam yang Juga Cantik

Tetapi meskipun sering dianggap gulma, tapi saga rambat memiliki banyak manfaatnya. Biasanya dimanfaatkan untuk obat batuk dan obat sariawan.

Daun saga sendiri memiliki kandungan bahan aktif seperti glycyrrhizin, abrus lactone, asam abrusgenat dan turunan metilnya.

Jika sariawan cukup memetik daun saga secukupnya, kemudian jemur di tempat yanga gak panas hingga daun saga layu. Kemudian cuci bersih daun saga dikunyah-kunyah sampai halus dan gunakan untuk berkumur.

Baca Juga: Update Ramalan Zodiak Senin 8 Januari 2024, Leo Bersikap Tenanglah Kepada Pasangan Virgo Bersabarlah Jangan Menyerah

Tanaman toga selanjutnya yaitu pacar cina. Biasanya pacar cina tersebar di daerah Sumatera, Jawa dan beberapa negara tetangga.


Manfaat pacar cina ini sudah banyak diketahui orang. Seperti menyembuhkan perut yang kembung, batuk, bisul, susah menelan dan mempercepat persalinan.

Kandungan yang terdapat pada tanaman pacar cina seperti alkaloid, minyak atsiri serta mineral membuat pacar cina memiliki khasiat yang besar.

Baca Juga: Update Ramalan Zodiak Senin 8 Januari 2024, Gemini Perhatikan Lagi Perencanaan yang Dibuat Cancer Cobalah Kendalikan Emosi

Selain untuk obat bunga pacar cina yang kering bisa digunakan sebagai penambah aroma pada teh hijau.

Kali ini manfaat tanaman toga dari jintan hitam. Tanaman ini banyak dikenal dengan nama habbatussauda. Habbatussauda ini merupakan tanaman toga yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Jintan hitam ini sudah digunakan sebagai tanaman obat sejak 2000-3000 tahun sebelum masehi.

Baca Juga: Update Ramalan Zodiak Senin 8 Januari 2024, Aries Ambil Kesempatan Besar Taurus Pertahankan Cara Berkomunikasi

Beberapa manfaat yang tekandung dalam jintan hitam adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu meningkatkan fungsi otak, meyembuhkan berbagai jeis penyakit pernafasan, mengatasi gangguan tidur.

Karena manfaatnya yang segudang ini, sudah banyak dijual dipasaran jintan hitam dalam bentk sebuk, pil dan lain sebagainya.***

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: suarahits.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini