Mengandung Nutrisi Khusus, Kenali 4 Manfaat Paprika Merah untuk Kesehatan dan Dapat Mencegah Kanker

Wednesday, 31 January 2024
Mengandung Nutrisi Khusus, Kenali 4 Manfaat Paprika Merah untuk Kesehatan dan Dapat Mencegah Kanker
Mengandung Nutrisi Khusus, Kenali 4 Manfaat Paprika Merah untuk Kesehatan dan Dapat Mencegah Kanker

indonesiatoday.co.id - Paprika merupakan sayuran yang bisa dijadikan sebagai menu makanan.  Pada setiap buahnya terdapat banyak manfaat untuk kesehatan. Paprika memiliki beragam warna, mulai dari hijau, kuning, jingga, ungu, atau merah.

Untuk paprika warna merah memiliki manfaat untuk membantu melawan kanker, mencegah penurunan daya ingat, dan mencegah nyeri sendi. Dilansir health.clevelandclinic.org, manfaat dari mengonsumsi paprika merah untuk kesehatan badan. Paprika merah ini sangat cocok untuk dimasak dengan ditaburkan pada salad atau sup. Paprika juga dapat dipanggang. Saat pengajian bisa dipadukan dengan keju dan nasi.

Berbagai cara bisa digunakan bisa mengkonsumsi paprika yang memiliki banyak nutrisi yang mengesankan. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang

Ahli diet Lara Whitson mengatakan paprika merah sangat bermanfaat untuk kesehatan. Paprika merah yang dikenal paprika capsicum adalah makanan padat nutrisi. Di dalam sayuran itu terdapat kandungan vitamin yang tinggi, mineral, tidak mengandung lemak yang tidak sehat, dan rendah kalori.

Baca Juga: Ular Beracun dalam Paprika?

Dalam setiap penyajian satu cangkir paprika merah terkandung 46 kalori dan 3 gram serat. Selain itu, setiap mengonsumsi paprika merah bisa mendapatkan beragam kandungan, yaitu:

  • 317% vitamin C
  • 93% vitamin A
  • 22% vitamin B6
  • 17% folat (vitamin B9)
  • 12% vitamin E
  • 9% kalium
  • 8% mangan

Secara kesehatan, paprika merah sangat kaya dengan kandungan nutrisi yang di antaranya sebagai berikut:

1. Membantu mencegah kanker

Ketika mengkonsumsi paprika merah akan dapat membantu mencegah dari risiko kanker. Pasalnya, paprika merah mengandung beta-cryptoxanthin, suatu senyawa yang diubah dalam tubuh menjadi vitamin A.

Hasil penelitian menunjukkan makanan kaya beta-cryptoxanthin dapat membantu menurunkan risiko kanker kandung kemih, paru-paru, dan usus besar.

Baca Juga: Budi Daya Cabai Paprika Lebih Menguntungkan

“Beta-cryptoxanthin adalah antioksidan yang melindungi sel Anda dari perubahan yang dapat menyebabkan kanker,” kata Whitson. Sebagaimana diketahui orang yang banyak mengonsumsi buah dan sayuran memiliki risiko lebih rendah terkena kanker secara keseluruhan.

2. Melindungi kesehatan otak

Pada paprika merah terkandung antosianin, yaitu senyawa alami yang menyebabkan paprika menjadi berwarna merah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antosianin bisa membantu masalah memori dan gangguan kognitif seiring bertambahnya usia.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: jawapos.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini