Ketahui Penyebab dan Pencegahan Penyakit Ginjal Kronis, Waspadai Masalah Ginjal Mulai dari Sekarang  

Monday, 15 January 2024
Ketahui Penyebab dan Pencegahan Penyakit Ginjal Kronis, Waspadai Masalah Ginjal Mulai dari Sekarang   
Ketahui Penyebab dan Pencegahan Penyakit Ginjal Kronis, Waspadai Masalah Ginjal Mulai dari Sekarang  

 

 

 

indonesiatoday.co.idPenyakit ginjal kronis atau gagal ginjal kronis adalah kehilangan fungsi ginjal secara bertahap. Ginjal senidir berfungsi menyaring limbah dan cairan berlebih dari darah, kemudian dikeluarkan melalui urine.

Baca Juga: 3 Oknum Anggota TNI AD Tersangka Penggelapan Kendaraan Bermotor Dijerat Pasal Berlapis, Pasal 126 dan 103 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Militer 

Pada tahap lanjut dari penyakit ginjal kronis akan menyebabkan penumpukan tingkat berbahaya dari cairan, elektrolit, dan limbah dalam tubuh. Pada tahap awal penyakit ginjal kronis, mungkin tidak banyak gejala yang muncul. Pengidap mungkin tidak menyadari bahwa memiliki penyakit ginjal hingga kondisinya sudah cukup parah.

Pengobatan untuk penyakit ginjal kronis hanya fokus untuk melambatkan progresi kerusakan ginjal, biasanya dengan mengendalikan penyebabnya. Bahkan dengan pengendalian penyebab, kerusakan ginjal bisa terus berkembang.

Penyakit gagal ginjal kronis bisa berkembang menjadi gagal ginjal tahap akhir, yang begitu fatal tanpa bantuan filtering buatan (dialisis) atau transplantasi ginjal.

Tanda dan gejala penyakit ginjal kronis berkembang seiring waktu jika kerusakan ginjal berlangsung secara perlahan. Kehilangan fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan cairan, limbah tubuh, atau masalah elektrolit.

Dilansir dari Mayo Clinic, penyakit ginjal kronis terjadi ketika suatu penyakit atau kondisi merusak fungsi ginjal, menyebabkan kerusakan ginjal memburuk selama beberapa bulan atau tahun.

 

Berikut ini adalah penyebab penyakit ginjal kronis

  1. Diabetes

Kadar gula darah yang tinggi, khususnya pada penderita diabetes, dapat merusak pembuluh darah dan memengaruhi fungsi ginjal.

 

  1. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyebab dari ginjal kronis, hal itu dikarenakan dapat merusak pembuluh darah ginjal dan menyebabkan kerusakan pada fungsi ginjal.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: jawapos.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini