Ketahui, Kapan Serangan Nyamuk DBD Berbahaya Buat Tubuh Kita

Wednesday, 31 January 2024
Ketahui, Kapan Serangan Nyamuk DBD Berbahaya Buat Tubuh Kita
Ketahui, Kapan Serangan Nyamuk DBD Berbahaya Buat Tubuh Kita

indonesiatoday.co.id - Pada pagi hari nyamuk DBD paling aktif menggigit dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam.

Wah gawat !! serangan nyamuk yang satu ini tentu sangat berbahaya, terlebih datang pada jam-jam tertentu, di tengah aktifitas warga yang terkadang lupa pada serangan nyamuk yang hinggap atau menempel di bagian badan tubuh kita.

Salah satu penyakit efek dari serangan nyamuk DBD ini, sungguh membahayakan, sehingga mendapat perhatian pemerintah, tetutama saat musim hujan.

Penyakit yang menjangkit ini adalah penyakit demam berdarah yang biasa disebut DBD.

Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk yang membawa virus dengue. Nyamuk DBD dikenal sebagai nyamuk yang menyukai air tergenang jernih tempat ia melakukan perkembangbiakan.

Nyamuk demam berdarah bersifat antropofilik, yakni lebih memilih menghisap darah manusia dan bersifat multiple feeding dimana nyamuk akan menghisap darah secara berulang berkali-kali untuk memenuhi kebutuhan darah sampai kenyang.

Karena multiple feeding atau berkali-kali menghisap darah tersebut meningkatkan risiko penularan DBD terutama di wilayah perumahan yang penduduknya lebih padat.

Satu nyamuk pembawa virus dalam satu jangka waktu menggigit akan mampu menularkan virus tersebut kepada lebih dari satu orang.

Ciri khas nyamuk DBD adalah ukurannya yang kecil, berwarna hitam dengan loreng/belang di sekujur tubuhnya.

Nyamuk DBD memiliki daya jangkau penularan yang cukup jauh sebab ia memiliki kemampuan terbang setinggi 100 meter dan jauh 400 meter,

Satu hal yang penting diketahui dari nyamuk DBD ini adalah sifat khas nyamuk demam berdarah yakni waktu menggigitnya.

Sebab nyamuk DBD aktif menggigit pada pagi hingga sore hari. Pada pagi hari nyamuk DBD paling aktif menggigit dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam.

Sasaran gigitannya adalah bagian belakang tubuh hingga pergelangan kaki dan siku. √

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: satuarah.co

Komentar

Artikel Terkait

Terkini