Jalani Pola Hidup Sehat, Berikut Tips Hindari Kadar Asam Urat Berlebihan di Tubuh Secara Alami

Tuesday, 23 January 2024
Jalani Pola Hidup Sehat, Berikut Tips Hindari Kadar Asam Urat Berlebihan di Tubuh Secara Alami
Jalani Pola Hidup Sehat, Berikut Tips Hindari Kadar Asam Urat Berlebihan di Tubuh Secara Alami

indonesiatoday.co.id - Gaya hidup, pola makan, dan genetika dapat menyebabkan tingginya kadar asam urat. Menghindari alkohol dan membatasi beberapa makanan dan minuman dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Asam urat merupakan produk limbah alami yang dihasilkan dari pencernaan makanan yang mengandung purin. Purin ditemukan dalam jumlah tinggi di beberapa makanan dan dibentuk serta dipecah di tubuh kita.

Biasanya, tubuh kita menyaring asam urat melalui ginjal dan urin. Apabila kita mengonsumsi terlalu banyak purin atau jika tubuh tidak dapat membuang produk sampingan ini dengan cukup cepat, asam urat dapat menumpuk di dalam darah.

Baca Juga: Waspada, Berikut 7 Penyebab Umum Asam Urat Tinggi, Salah Satunya Gaya Hidup

Kadar asam urat standar di bawah 6,8 miligram per desiliter (mg/dL). Kadar asam urat yang tinggi (di atas 6,8 mg/dL) dianggap hiperurisemia. Hal ini dapat menyebabkan asam urat dan membuat darah dan urin terlalu asam.

Untuk menghindari kadar asam urat yang berlebihan, diperlukan pola hidup yang sehat demi menjaga tubuh kita agar selalu bugar dan terhindar dari kondisi kesehatan yang tidak diinginkan.

Dikutip dari healthline pada Selasa (23/1), berikut indonesiatoday.co.id merangkum sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami.

Baca Juga: Cegah Asam Urat Kambuh, Berikut 6 Makananan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari oleh Penderita

Batasi makanan kaya purin

Kita bisa mengendalikan sumber asam urat agar kadarnya tidak berlebihan di dalam tubuh. Makanan kaya purin termasuk beberapa daging, makanan laut, dan sayuran.

Semua makanan tersebut berkontribusi terhadap asam urat saat dicerna. Hindari atau kurangi asupan makanan kaya purin, seperti daging merah, jeroan, ikan, kerang hingga unggas.

Hindari konsumsi gula yang berlebihan

Fruktosa adalah gula alami dalam buah dan madu. Saat tubuh kita memecah fruktosa, tubuh melepaskan purin dan meningkatkan kadar asam urat.

Baca Juga: Bahaya Gout Arthritis atau Peradangan Sendi karena Kadar Asam Urat Tinggi, Ketahui Gejala dan Pencegahannya

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: jawapos.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini