Fakta Unik Buah Mengkudu Untuk Kesehatan, Simak Selengkapnya

Monday, 8 January 2024
Fakta Unik Buah Mengkudu Untuk Kesehatan, Simak Selengkapnya
Fakta Unik Buah Mengkudu Untuk Kesehatan, Simak Selengkapnya

 

 

indonesiatoday.co.id | BANGKALAN, JATIM - Buah mengkudu (Marinda citrifolia, Linn) adalah termasuk jenis tanaman dari keluarga Rubiaceae. Menurut beberapa sumber mengkudu merupakan salah satu jenis buah-buahan yang berasal dari Asia tenggara.

 

Pohon ini dapat tumbuh dengan ketinggian rata-rata 1500m batang pohon mengkudu bisa mencapai 3-8 meter dapat tumbuh subur di daratan rendah maupun dataran tinggi.

Manfaat buah ini cukup banyak untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Jeruk Bagi Orang Tua di Usia 40 Tahun ke Atas
1. Sebagai Sumber Antioksidan untuk tubuh
Buah mengkudu mengandung senyawa kimia selenium yang merupakan salah satu mineral penting sebagai sumber antioksidan alami bagi tubuh. Zat antioksidan sendiri berfungsi untuk menangkal berbagai radikal bebas yang dapat merusak tubuh sehingga daya tahan tubuh juga akan semakin kuat.

2.Buah Antibakteri


Kandungan senyawa-senyawa aktif seperti scolopetin dan antraquinon dalam mengkudu memiliki kemampuan sebagai zat antibakteri yang dapat mencegah infeksi kuman dalam tubuh. Senyawa scolopetin juga terbukti dapat mencegah peradangan serta reaksi alergi yang berlebihan pada tubuh.

3. Mencegah dan Mengobati Kanker

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan
Buah mengkudu mengandung berbagai zat anti kanker yang berfungsi untuk membunuh dan menghentikan pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh. Kandungan zat-zat analgesik dalam buah mengkudu ternyata dapat berfungsi untuk mengatasi nyeri sendi. Selain itu, daun mengkudu juga sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai kompres untuk meredakan sakit kepala.

4. Mempercepat Regenerasi Sel Tubuh


Senyawa terpenoid dan xeronine memiliki kemampuan untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif dan membantu proses sintesis protein untuk membantu mengganti sel-sel tubuh yang sudah mati (regenerasi).

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: pacunews.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini