Daun Binahong: Tanaman Ajaib dari Tanah Air yang Kaya Manfaat

Wednesday, 31 January 2024
Daun Binahong: Tanaman Ajaib dari Tanah Air yang Kaya Manfaat
Daun Binahong: Tanaman Ajaib dari Tanah Air yang Kaya Manfaat

indonesiatoday.co.id-Kekayaan alam Indonesia terus menyimpan rahasia keajaiban alam yang tak terhitung jumlahnya. Salah satunya adalah tanaman binahong sebagai sumber kekayaan alam Indonensia.

Tumbuhan yang banyak mendapat perhatian para pemerhati kesehtan ini, karena sebagai salah satu tanaman ajaib herbal yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan manusia.

Dikenal dengan nama ilmiah Anredera cordifolia, tanaman kaya manfaat ini merupakan anggota dari suku Basellaceae dan tersebar luas di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Bunga Kertas: Keindahan Yang Menawan Dari Bunga Hingga Kesehatan Manusia

Dengan karekteristik yang dimiki tanaman ini, binahong  merupakan tanaman merambat yang memiliki daun berbentuk hati atau bundar dengan warna hijau yang cerah.

Daun-daunnya yang lebat menjadi ciri khasnya, dan sering kali tanaman ini tumbuh liar di pinggiran hutan, di tebing-tebing, atau bahkan di pekarangan rumah sebagai tanaman hias.

Tanaman binahong tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias semata maupun penghijau halaman rumah, tetapi juga memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional.

Baca Juga: Sifat antiinflamasi Jahe Merah: Si Raja Ramuan Ajaib untuk Pengobatan Kesehatan Manusia

Berbagai penelitian ilmiah telah mengungkap beragam manfaat kesehatan yang dimilikinya, di antaranya :

1. Antiinflamasi:

Daun binahong mengandung senyawa aktif yang memiliki sifat antiinflamasi, sehingga dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh.

2. Antioksidan:

Kandungan antioksidan dalam tanaman ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit degeneratif, seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Kapulaga: Rempah Ajaib dengan Banyak Manfaat Kesehatan dari Tradisional Hingga Modern

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: perstoday.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini