Bayi Gemuk Pertanda Sehat? Ketahui Fakta Obesitas pada Bayi dan Apa Saja Bahayanya

Saturday, 23 December 2023
90 Views
Bayi Gemuk Pertanda Sehat? Ketahui Fakta Obesitas pada Bayi dan Apa Saja Bahayanya
Bayi Gemuk Pertanda Sehat? Ketahui Fakta Obesitas pada Bayi dan Apa Saja Bahayanya

“Wah lucu banget sih anaknya, gemuk gitu sehat loh”. Setidaknya sebagian besar ibu pasti pernah menerima pujian tersebut dari orang sekitar. Bayi yang terlihat gemuk dengan pipi yang berisi tentunya sangat menyenangkan untuk dilihat. Apakah semua bayi gemuk itu sehat? tentu tidak bisa dikatakan demikian karena ada fakta klinis mengenai kegemukan atau obesitas pada bayi yang patut orang tua waspadai. Yuk cek faktanya.

 

Apakah “kegemukan” pada bayi itu sehat?

Bisa jadi iya, kenapa? Bayi yang punya pipi menggemaskan merupakan salah satu pertanda bayi yang sehat. Perlu diketahui bahwa tumbuh kembang bayi sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor dan hal tersebut perlu diperhatikan apakah bayi gemuk itu terlihat imut atau bisa membawa mereka ke dampak kesehatan yang mungkin bisa membahayakan.

Bayi yang baru lahir tumbuh dengan sangat cepat, terutama ditahun pertama. Dikutip dari artikel healthline.com, saat kelahiran rata-rata berat bayi laki-laki yang baru lahir sekitar 3,3 kg dan bayi perempuan berada dikisaran 3,2 kg. Tapi banyak kok bayi sehat yang lahir dengan berat badan yang cenderung lebih ringan atau lebih berat daripada berat rata-rata tersebut.

Berdasarkan panjang badannya, bahkan bayi yang baru lahir dengan berat badan yang sama pun bisa terlihat lebih “bulat” ataupun lebih kurus. Satu hal yang perlu diingat adalah “bayi gemuk” bukan hanya soal berapa berat mereka.

Baca Juga: Aturan Memberikan Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir, New Mom Wajib Tahu!

Pertumbuhan bayi pada dasarnya memang sangat cepat

Bayi bisa tumbuh dua kali dari berat awal mereka hanya kurang dari waktu 6 bulan, dan bahkan bisa tiga kali lipatnya saat menginjak usia 1 tahun. Semua bayi memerlukan asupan nutrisi yang kaya akan lemak sehat untuk mendukung tumbuh kembang si buah hati. Makanya si kecil selalu terlihat lapar.

Bayi menyimpan sebagian lemak di bawah kulit karena tubuh dan otaknya memerlukan asupan energi cepat setiap saat. Bayi anda bisa jadi terlihat berisi dan memiliki pipi yang bulat. Jangan khawatir, karena lemak yang tersimpan ini adalah hal yang lumrah dan sehat untuk si kecil.

Seberapa banyak pertambahan berat pada bayi merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan mereka. Beberapa bayi ada yang awalnya tumbuh cepat sekali, kemudian melambat. Bayi-bayi lain ada juga yang pertama tumbuhnya lambat, lalu tiba-tiba tumbuh cepat dikemudiannya.

 

Apakah ada risiko kesehatan pada bayi yang gemuk?

Jawabannya iya, berat badan berlebih bisa menjadi ancaman untuk kesehatan buah hati anda.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: suratdokter.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler