Banyak yang Menganggap Mentimun Bisa Mencegah Penuaan Dini Pada Wajah, Benarkah? Simak 9 Manfaatnya Berikut Ini

Monday, 8 January 2024
Banyak yang Menganggap Mentimun Bisa Mencegah Penuaan Dini Pada Wajah, Benarkah? Simak 9 Manfaatnya Berikut Ini
Banyak yang Menganggap Mentimun Bisa Mencegah Penuaan Dini Pada Wajah, Benarkah? Simak 9 Manfaatnya Berikut Ini

indonesiatoday.co.id - Timun merupakan salah satu jenis buah yang mempunyai kandungan air yang cukup tinggi. Tak heran, jika buah ini mampu menambah asupan cairan, dan bermanfaat untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Namun, tahukah anda jika timun ternyata memiliki peran untuk perawatan wajah?

Manfaat timun untuk wajah ternyata sangat beragam, mulai dari melembabkan kulit hingga mengatasi masalah jerawat. Hal ini disebabkan timun memiliki kandungan air, vitamin A, vitamin C, asam folat, dan asam kafeat yang bersifat antioksidan dan antiradang.

Melansir dari laman Siloam Hospital (8/1) berikut adalah manfaat timun untuk wajah yang diyakini dapat menjadi alternatif alami perawatan kulit wajah.

1. Melembabkan Kulit Wajah

Timun memiliki kandungan air yang cukup tinggi, sehingga dapat melembabkan dan menyejukkan area wajah. Jika ingin hasil yang maksimal maka buatlah masker alami dengan mencampurkan timun, madu, yoghurt, dan oatmeal. Cara ini juga bisa membantu pengelupasan sel-sel kulit mati di wajah.

Setelah mengaplikasikan masker tersebut, maka kamu bisa mengoleskan pelembab wajah untuk mengunci kelembaban wajah seharian.

2. Memperbaiki Kulit Wajah yang Rusak

Timun bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kulit wajah hanya dengan mengambil air sari rebusan timun. Caranya yaitu masukkan air sari rebusan timun ke dalam botol spray sebagai face mist, lalu semprotkan pada wajah.

3. Mengatasi Kulit Berjerawat

Mengurangi jerawat bisa dengan timun sebagai masker wajah. Hal ini disebabkan timun memiliki kandungan asam folat dan vitamin C. Kedua kandungan itu mampu meredakan peradangan akibat jerawat.

4. Merawat Kulit Berminyak

Kandungan air dari mentimun diketahui dapat membantu mengontrol minyak di wajah. Caranya dengan membuat masker wajah dari campuran timun yang sudah halus dengan plain yoghurt, lalu oleskan masker wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit. Kemudian, bilas wajah menggunakan air hangat sampai bersih.

5. Menyamarkan Noda Hitam

Mentimun diketahui dapat menyamarkan noda hitam di wajah. Manfaat ini dapat diperoleh dari kandungan enzim proteolitik yang mampu membantu pengelupasan sel-sel kulit mati.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: jawapos.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini