Atasi Keringat Berlebih dengan Tawas, Apakah Aman?

Saturday, 30 December 2023
Atasi Keringat Berlebih dengan Tawas, Apakah Aman?
Atasi Keringat Berlebih dengan Tawas, Apakah Aman?

indonesiatoday.co.id - Sejak dulu, tawas dikenal sebagai “batu ajaib” yang mampu menghilangkan bau badan atau bau keringat. Batu tawas, atau tawas padat biasanya digunakan sebagai pengganti deodorant atau anti perspirant.

Sebagian penggunanya mengaku keringat di bagian ketiak mereka jauh berkurang sehingga tidak berbau. Namun, apa sih sebenarnya tawas itu? Apakah cukup aman untuk digunakan secara rutin dan lama?

Apa Itu Tawas?

Tawas disebut juga garam mineral yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun tahukah anda? tawas merupakan senyawa kimia yang dibentuk dari molekul air dan dua jenis garam.

Dalam bahasa kimia, tawas disebut Alum, yaitu kelompok garam rangkap berbentuk kristal dan bersifat isomorf. Kristal tawas sangat mudah larut dalam air. Tawas disebut juga Alum kalium dengan formula K2SO4.Al2(SO4)3.24H2O demikian juga dengan Alumunium Sulfat [Al2(SO4)3.18H2O].

Tawas kalium adalah tawas yang biasa digunakan sebagai deodoran atau penghilang keringat. Kini banyak produk perawatan tubuh dan kulit yang menjual tawas dalam bentuk padat atau seperti batu kristal dengan beragam ukuran. Cara menggunakannya juga cukup praktis. Batu tawas dicelupkan lebih dulu ke air kemudian dioleskan ke bagian ketiak.

Baca Juga: Mengenal Tawas, Bahan Kimia yang Memiliki Manfaat Serbaguna

Manfaat Tawas untuk Ketiak

Berikut manfaat tawas untuk ketiak:

1. Dapat mencerahkan warna lipatan ketiak

Sifat tawas sebagai pengikat bakteri dapat membersihkan area ketiak sehingga permukaannya menjadi lebih sehat dan tampak lebih cerah dan halus.

2. Menghilangkan bau tak sedap

Meskipun tidak memiliki aroma, tawas mampu membunuh bakteri di ketiak, sehingga tubuh pun aman dari bau keringat.

3. Mencegah iritasi

Tawas dapat memberi efek mendinginkan sehingga dapat mencegah iritasi pada kulit ketiak yang rentan berkeringat, karena berada pada lipatan.

Sebagai deodorant, tawas tidak berfungsi sebagai anti perspirant atau mengurangi keringat berlebih. Tawas

Tawas juga memiliki manfaat untuk kecantikan seperti:

4. Mengobati jerawat dan mengurangi keriput

Caranya anda dapat membuat larutan dari tawas bubuk dan air kemudian dioleskan ke jerawat pada wajah. Diamkan sekitar 20 menit hingga kering lalu bilas dengan air bersih dan keringkan wajah.

5. Mengobati tumit pecah-pecah.

Larutan air tawas juga membantu melembabkan kulit yang akapalan maupun permukaan tumit yang pecah-pecah. Caranya cukup rendam tumit anda dengan larutan tawas dan air hangat sekitar 10 menit, lalu keringkan.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: suratdokter.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini