10 Manfaat Jalan Kaki Rutin Murah dan Mudah

Friday, 5 January 2024
101 Views
10 Manfaat Jalan Kaki Rutin Murah dan Mudah
10 Manfaat Jalan Kaki Rutin Murah dan Mudah

Dewantara News- Jalan kaki adalah olahraga yang paling murah dan mudah untuk dilakukan untuk orang obesitas pun jalan kaki juga sangat disarankan karena tidak terlalu membebani lutut.

Meskipun sangat banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari berjalan kaki secara rutin, masih tetap saja belum banyak masyarakat Indonesia yang melakukannya.

Baca Juga: 5 Manfaat Sinar Matahari untuk Kesehatan, Bukan Hanya Vitamin D!

Jalan kaki sering kali dianggap sepele dibandingkan jenis aktivitas lain yang lebih berat, seperti joging atau bersepeda. Berikut Dewantara News merangkum 10 Manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh 

  1. Mencegah penyakit stroke dan jantung,

Jalan kaki secara rutin dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol dan sirkulasi darah sehingga mencegah terjadinya penyakit jantung.

Baca Juga: 10 Ciri - Ciri Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Kenali Gejalanya

  1. Mencegah penyakit diabetes. 

Jalan kaki dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 hingga 50%, karena jalan kaki memicu kerja otot hingga meningkatkan penyerapan glukosa.

  1. Menurunkan berat badan.

Berjalan kaki secara teratur membantu meningkatkan respons tubuh terhadap insulin dan mengurangi lemak perut, berjalan kaki 30 menit sehari bisa membakar 200 kalori per minggunya.

Baca Juga: Anak Orang Kaya Bisa Stunting Juga Simak Penyebab, Gejala, dan Cara Pencegahannya

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Olahraga jalan kaki dapat membantu meningkatkan jumlah sel kekebalan dalam tubuh. Seseorang yang berjalan kaki selama 30–45 menit setiap harinya, akan lebih jarang sakit dibandingkan dengan mereka yang tidak olahraga.

  1. Memperkuat sendi dan tulang

Jalan kaki secara teratur juga bisa meningkatkan mobilitas sendi, mencegah menurunnya masa tulang, bahkan juga mengurangi risiko keretakan.

Baca Juga: 5 Sayuran yang Disarankan dan Harus Dihindari oleh Penderita Diabetes

  1. Mencegah penyakit osteoporosis.

Olahraga jalan kaki dapat mencegah terjadinya osteoporosis sehingga tulang tidak menjadi keropos, rapuh, dan rentan patah.

  1. Menghilangkan sakit punggung.

Berjalan kaki mendorong sirkulasi darah di dalam struktur tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh dan fleksibilitas yang vital bagi kesehatan tulang belakang.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: dewantaranews.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler