Paling Siap dari Hulu ke Hilir, PT Pertamina Gandeng Toyota Kembangkan Ekosistem Hidrogen untuk Transportasi

Thursday, 18 January 2024
Paling Siap dari Hulu ke Hilir, PT Pertamina Gandeng Toyota Kembangkan Ekosistem Hidrogen untuk Transportasi
Paling Siap dari Hulu ke Hilir, PT Pertamina Gandeng Toyota Kembangkan Ekosistem Hidrogen untuk Transportasi

indonesiatoday.co.id - Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) berkolaborasi dengan Toyota mengembangkan ekosistem hidrogen sebagai bahan bakar kendaraan di Indonesia.

Dalam groundbreaking hydrogen refueling station (HRS), di SPBU Daan Mogot, Rabu 17 Januari 2024, keduanya sepakat bahwa dalam membangun ekosistem tersebut tidak hanya penting menyiapkan infrastrukturnya melainkan juga kerja sama dengan konsumen untuk memastikan tingkat permintaan.

Kolaborasi kedua entitas tersebut tertuang dalam Joint Development Agreement tentang pengembangan ekosistem transportasi berbasis hidrogen yang dilakukan oleh Chief Executive Officer Pertamina NRE Dannif Danusaputro dan President Director Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto.

Baca Juga: Musim Penghujan Bukan Hambatan dalam Beraktivitas, Fitur yang Disematkan di Grand Vitara Membuat Berkendara Lebih Nyaman

Hadir dalam acaea penandatanganan kerja sama tersebut Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Pertamina harus jadi yang terdepan dalam melakukan inovasi, kita jangan jadi followers kalau mau bisnis energi bersih,” ujar Basuki dalam sambutannya.

Pihaknya berharap kerjasama ini terus berlanjut antara Pertamina dan Toyota, agar ekosistem hidrogen ini terus berkembang di Indonesia.

Baca Juga: Ketum PSSI Erick Thohir: Sports Science Penting dalam Transformasi Sepak Bola

"Pertamina telah teruji sangat berpengalaman dalam sektor bahan bakar kendaraan. Dengan infrastruktur dari hulu ke hilir yang kami miliki, Pertamina jelas paling siap untuk mengembangkan ekosistem hidrogen untuk transportasi," ujar Basuki.

Di tambah lagi, lanjut Basuki, kolaborasi dengan Toyota ini menjadi langkah yang sangat tepat untuk mempercepat terciptanya ekosistem ini.

“Groundbreaking hydrogen refueling station ini menjadi salah satu milestone dalam membangun ekosistem hidrogen sebagai bahan bakar kendaraan di Indonesia," papar Dannif Danusaputro.

Baca Juga: Sinopsis Film Petualangan Anak Penangkap Hantu, Aksi 3 Bocah Pemberani yang Diadaptasi dari Novel Populer Karya Asma Nadia

Namun tidak kalah penting, lanjutnya, dalam menciptakan ekosistem adalah berkolaborasi tidak saja di sisi hulu tapi di sisi hilir.

Untuk itu di sini Pertamina bekerja sama dengan Toyota yang telah memproduksi fuel cell electric vehicle, Toyota Mirai, yang nantinya akan melakukan pengisian hidrogen di HRS Pertamina.  "Kami sangat menyambut baik kolaborasi strategis ini,” ungkap Dannif.

Dannif menambahkan bahwa hadirnya hidrogen sebagai bahan bakar transportasi akan memperkuat ketahanan energi, di mana masyarakat pengendara kendaraan bermotor ke depan tidak hanya memiliki pilihan bahan bakar minyak (BBM) dan listrik saja tapi juga hidrogen sebagai alternatif bahan bakar.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: senangsenang.id

Komentar

Artikel Terkait

Terkini