WPA Pancoran Mas Depok Geram di Musrembang Kecamatan, Pertanyakan Anggaran Penanggulangan AIDS Lenyap

Saturday, 3 February 2024
WPA Pancoran Mas Depok Geram di Musrembang Kecamatan, Pertanyakan Anggaran Penanggulangan AIDS Lenyap
WPA Pancoran Mas Depok Geram di Musrembang Kecamatan, Pertanyakan Anggaran Penanggulangan AIDS Lenyap

indonesiatoday.co.id-Warga Peduli Aids (WPA) Kecamatan Pancoranmas menyoroti persoalan tidak adanya anggaran WPA untuk kegiatan penyakit tidak menular, ketika pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk anggaran tahun 2025 digelar di Balai Rakyat Depok 1, Rabu (31/1).

"Kenapa di tahun 2024 dan 2025 anggaran WPA itu tidak ada? Kemana anggarannya? Harus mengadu dan menagihnya kemana? Waktu kemarin itu ada (anggarannya), kok sekarang bisa menghilang," ucap Ketua WPA Kecamatan Pancoranmas, Rosanah, Jumat (2/2).

Baca Juga: Curug Leuwi Bumi, Riverside Camping Ground Terbaik di Pandeglang Banten, Tiket Masuknya Murah Meriah cuma Rp 15 Ribu

Bagaimana nasib orang-orang yang dampingin, kata dia, dan bagaimana juga dengan nasib para kader, kalau dari Pemkot Depok menghilangkan anggaran WPA untuk tahun 2025.

"Apakah harus nagih ke Dinkes, Puskesmas, atau kemana? Saya kan perlu arahannya,” sambung Rosanah.

Rosanah mengatakan, anggaran WPA untuk penyakit tidak menular itu sangat penting. Karena tidak mungkin penyakit menular ini akan menghilang begitu saja, karena perlu adanya penanganan derta penanggulangan.

"Pada tahun 2022 dan 2023 di wilayah Kelurahan Pancoranmas, saya menemukan 30 orang positif HIV/AIDS, dan kami tidak tahu nantinya akan lebih banyak seperti apa, jika tidak ada perhatian dari pemerintah," tutur Rosanah.

Baca Juga: RW4 Rangkapanjaya Depok Bantah Pembangunan Posyandu Mangkrak, Begini Kenyataannya

Meski begitu, Rosanah mengaku, pada tahun 2022 WPA Kecamatan Pancoranmas mendapat anggaran untuk berbagai kegiatan. Seperti pembentukan pelajar peduli HIV/AIDS.

Kemudian, pada tahun 2023 ada juga kegiatan sosialisasi Kampung Peduli Tuberkulosis (Kapitu) tentang TBC, juga ibu hamil yang terinfeksi HIV.

"Tapi kenapa tahun 2024 saya cari-cari di anggaran tidak ada, sudah begitu di anggaran Musrenbang untuk tahun 2025 juga tidak ada, lah mau kemana saya ini menagihnya,” jata Rosanah.

Menanggapi hal ini, Camat Pancoranmas, Zikri Dwi Darmawan mengatakan, terkait keberadaan anggaran WPA tersebut, ia akan mengecek dahulu bagaimana mulanya dana WPA tersebut bisa menghilang, apakah kaeena memang anggarannya yang terbatas atau ada hal lain.

Baca Juga: Trailer Film Horor Pemandi Jenazah, Misteri Kematian Misterius Mengancam Desa

"Sebenarnya bukan tidak ada anggarannya. Memang pernah ada, tetapi dalam bentuk Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat kecamatan, bukan untuk WPA nya. Penganggaran dan pelaksanaannya di kecamatan, tapi memfasilitasi WPA dan bukan hibah para WPA," jelas Zikri. (***)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: radardepok.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini