Wow! Pertama di Indonesia, Anies Resmikan Sekolah Berkonsep Emisi Rendah

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Wow! Pertama di Indonesia, Anies Resmikan Sekolah Berkonsep Emisi Rendah Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan revitalisasi empat sekolah negeri yang mengusung konsep bangunan dengan emisi rendah alias net zero carbon. Hal ini menjadi langkah untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota bebas emisi yang ditargetkan pada 2050.

"Bila kita tidak mengkoreksi bangunan-bangunan terutama di perkotaan maka kualitas udara di tempat ini akan selalu menghadapi masalah, karena itu mengapa kita harus menuju pada green building dan kita mulai dari sekolah-sekolah kita," ujar Anies saat melakukan persemian secara simbolik di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ragunan 07 Jakarta, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu, 28 September 2022.

Anies menerangkan salah satu bentuk dari konsep emisi rendah di empat sekolah itu, dengan penggunaan sejumlah panel surya. Selain itu, sekolah tersebut menjadi sekolah negeri pertama di Indonesia yang mengusung konsep zero emisi.

Baca juga: Wow.. Pemerintah Harus Rogoh Kocek USD1.100 Miliar Wujudkan Nol Emisi Karbon

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menilai dengan konsep zero emisi dapat memunculkan pengalaman baru bagi siswa siswi. Mereka diharapkan dapat belajar secara langsung bangunan ramah lingkungan.

"Bukan membaca saja, bukan melihat dari jauh, tetapi sekolahnya pun menggunakan konsep green building," bebernya.

Ke depan, Anies juga berharap semakin banyak sekolah negeri di Ibu Kota yang mengusung konsep zero emisi. "Jadi kalau kita bisa membangun lebih banyak gedung green building, insyaallah kita akan memiliki kota yang lebih sehat, lebih ramah untuk semua makhluk," terangnya.

Adapun empat sekolah yang telah direvitalisasi dengan mengusung konsep net zero carbon adalah sebagai berikut:

• SDN Ragunan 08 Jakarta

• SDN Duren Sawit 14 Jakarta

• SDN Grogol Selatan 09

• SMAN 96 Jakarta

Sumber : medcom.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini