Ukraina Tarik Tank Abrams AS, Kapok Jadi Mangsa Drone Murahan Rusia

Sunday, 28 April 2024
Ukraina Tarik Tank Abrams AS, Kapok Jadi Mangsa Drone Murahan Rusia
Ukraina Tarik Tank Abrams AS, Kapok Jadi Mangsa Drone Murahan Rusia


INDONESIATODAY.CO.ID -
Ukraina untuk saat ini tidak lagi menggunakan tank tempur Abrams M1A1 yang dipasok Amerika Serikat (AS) dalam perangnya melawan Rusia.


Menurut dua pejabat militer AS kepada AP, sebagian besar alasannya karena peperangan drone Rusia telah mempersulit tank mahal Amerika tersebut untuk beroperasi tanpa terdeteksi atau diserang.


AS setuju untuk mengirim 31 tank Abrams ke Ukraina pada Januari 2023 setelah kampanye agresif selama berbulan-bulan yang dilakukan Kyiv dengan alasan bahwa tank-tank tersebut—yang masing-masing berharga sekitar USD10 juta (lebih dari Rp162 miliar)—sangat penting untuk kemampuannya menembus garis pertahanan Rusia.


Namun medan perang telah berubah secara substansial sejak saat itu, terutama dengan meluasnya penggunaan drone pengintai dan drone pemburu-pembunuh Rusia.


Senjata Rusia mempersulit Ukraina untuk melindungi tank-tank pasokan AS ketika mereka dengan cepat terdeteksi dan diburu oleh drone atau peluru Rusia.


New York Times baru-baru ini melaporkan setidaknya lima dari 31 tank Abrams yang dikirim AS ke Ukraina telah dihancurkan oleh drone Rusia yang harganya hanya USD500 (Rp8 juta) per unit.


"Meningkatnya penggunaan drone di medan perang Ukraina berarti tidak ada lahan terbuka yang bisa Anda lewati begitu saja tanpa rasa takut terdeteksi,” kata seorang pejabat senior pertahanan AS kepada wartawan pada hari Kamis.


Pejabat tersebut berbicara tanpa menyebut nama untuk memberikan informasi terkini mengenai dukungan senjata AS untuk Ukraina sebelum pertemuan Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina pada hari Jumat (26/4/2024).


Wakil Ketua Kepala Staf Gabungan AS Laksamana Christopher Grady dan pejabat pertahanan ketiga yang mengonfirmasi langkah tersebut tanpa menyebut nama mengatakan bahwa untuk saat ini, tank-tank tersebut telah dipindahkan dari garis depan, dan AS akan bekerja sama dengan Ukraina untuk mengatur ulang taktik.


“Ketika Anda berpikir tentang bagaimana pertempuran telah berkembang, kendaraan lapis baja massal di lingkungan di mana sistem udara tak berawak ada di mana-mana dapat menghadapi risiko,” kata Grady kepada AP, seraya menambahkan bahwa tank tetap penting.


“Sekarang, ada cara untuk melakukannya,” katanya lagi.


“Kami akan bekerja sama dengan mitra kami di Ukraina, dan mitra lain di lapangan, untuk membantu mereka memikirkan bagaimana mereka dapat menggunakannya, dalam lingkungan yang berubah seperti saat ini, di mana segala sesuatunya dapat terlihat dengan segera," imbuh dia.


Berita tentang tank yang dikesampingkan ini muncul ketika AS memperingati dua tahun Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina, sebuah koalisi yang terdiri dari sekitar 50 negara yang bertemu setiap bulan untuk menilai kebutuhan medan perang Ukraina dan mengidentifikasi di mana mendapatkan amunisi, senjata atau pemeliharaan yang diperlukan untuk mempertahankan perlengkapan pasukan Ukraina.


Paket bantuan baru-baru ini, termasuk paket bantuan militer senilai USD1 miliar yang ditandatangani oleh Presiden Joe Biden pada hari Rabu, juga mencerminkan perubahan yang lebih luas bagi pasukan Ukraina dalam perjuangan yang terus berkembang.


Amerika diperkirakan akan mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka juga akan memberikan sekitar USD6 miliar bantuan militer jangka panjang ke Ukraina, kata para pejabat Amerika, seraya menambahkan bahwa bantuan tersebut akan mencakup banyak amunisi yang banyak dicari untuk sistem pertahanan udara Patriot.


Para pejabat tersebut berbicara tanpa menyebut nama untuk membahas rincian yang belum dipublikasikan.


Paket senilai USD1 miliar menekankan kemampuan melawan drone, termasuk peluru kaliber .50 yang secara khusus dimodifikasi untuk melawan sistem drone; pertahanan udara dan amunisi tambahan; dan sejumlah kendaraan alternatif yang lebih murah, termasuk Humvee, Bradley Infantry Fighting Vehicles, dan Mine Resistant Ambush Protected Vehicles.


AS juga untuk pertama kalinya mengkonfirmasi bahwa mereka menyediakan rudal balistik jarak jauh yang dikenal sebagai ATACM, yang memungkinkan Ukraina menyerang jauh ke wilayah pendudukan Rusia tanpa harus maju dan terkena deteksi drone atau pertahanan Rusia yang diperkuat.


Meskipun drone merupakan ancaman yang signifikan, Ukraina juga belum mengadopsi taktik yang bisa membuat tank lebih efektif, kata salah satu pejabat pertahanan AS.


Setelah mengumumkan akan memberikan tank Abrams kepada Ukraina pada Januari 2023, AS mulai melatih warga Ukraina di pangkalan Angkatan Darat Grafenwoehr di Jerman tentang cara memelihara dan mengoperasikannya.


Mereka juga mengajari Ukraina cara menggunakannya dalam peperangan senjata gabungan—di mana tank beroperasi sebagai bagian dari sistem pasukan lapis baja yang bergerak maju, mengoordinasikan gerakan dengan tembakan ofensif dari atas, pasukan infanteri, dan aset udara.


Ketika musim semi berlangsung dan serangan balasan Ukraina yang sangat dinantikan terhenti, peralihan dari pelatihan tank di Jerman ke menempatkan tank Abrams di medan perang dipandang sebagai suatu keharusan untuk menembus garis pertahanan Rusia.


Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan di saluran Telegramnya pada bulan September bahwa tank Abrams telah tiba di Ukraina.


Namun sejak saat itu, Ukraina hanya menggunakan senjata tersebut secara terbatas dan tidak menjadikan perang senjata gabungan sebagai bagian dari operasinya, kata pejabat pertahanan tersebut.


Selama penarikan pasukan baru-baru ini dari Avdiivka, sebuah kota di Ukraina timur yang menjadi fokus pertempuran sengit selama berbulan-bulan, beberapa tank hilang akibat serangan Rusia.


Penundaan yang lama oleh Kongres dalam meloloskan pendanaan baru untuk Ukraina berarti pasukannya harus menjatah amunisi, dan dalam beberapa kasus mereka hanya mampu membalas satu kali setiap lima kali atau lebih ketika mereka menjadi sasaran pasukan Rusia.


Di Avdiivka, pasukan Ukraina kalah telak dan melawan balik bom luncur Rusia dan drone pemburu-pembunuh dengan amunisi yang tersisa. []

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini