Temukan Kuil di Bawah Tempat Parkir, Arkeolog Ungkap Bukti Peninggalan Kaisar Romawi Pertama Pemeluk Agama Kristen

Tuesday, 23 January 2024
Temukan Kuil di Bawah Tempat Parkir, Arkeolog Ungkap Bukti Peninggalan Kaisar Romawi Pertama Pemeluk Agama Kristen
Temukan Kuil di Bawah Tempat Parkir, Arkeolog Ungkap Bukti Peninggalan Kaisar Romawi Pertama Pemeluk Agama Kristen

MalangNetwork.com - Sebuah penemuan besar dan bersejarah berhasil diungkap. Arkeolog menemukan sebuah kuil peninggalan Kekaisaran Romawi kuno yang ada di bawah tempat parkir.

Di Kota Spello, Italia, tepatnya di bawah tempat parkir sebuah bangunan, para arkeolog berhasil menggali sisa-sisa bangunan monumental yang diyakini sebagai kuil pagan kuno.

Proses penemuan ini dipimpin oleh Douglas Boin, profesor sejarah di Saint Louis University, yang berhasil memecahkan pesan pada surat abad ke-4 yang ditinggalkan oleh seorang penguasa Romawi kuno.

Baca Juga: Banyak Menyimpan Harta Karun! Dibangun Sekitar Abad ke-2 Masehi, Arkeolog Temukan Pemakaman Romawi Kuno

Melalui perintah sang kaisar yang terdapat dalam surat tersebut, Konstantinus memerintah antara tahun 306 hingga 337 Masehi, memberikan petunjuk mengenai lokasi kuil ini.

Dilansir MalangNetwork.com dari laman Artnet.com, meskipun Konstantinus menjadi Kaisar Romawi pertama yang memeluk agama Kristen, surat ini mengungkapbahwa ia masih terkait dengan "praktik pemujaan kekaisaran".

Upaya tersebut bertujuan untuk menghormati keluarga turun-temurun yang meninggalkan jejaknya di kekaisaran dengan membangun monumen seperti Koloseum.

Baca Juga: Berusia 2.000 Tahun! Arkeolog Temukan Peluru Bertulis Julius Caesar, sang Diktator dalam Sejarah Kekaisaran Romawi

"Lokasi kuil ini sebelumnya tidak pernah diidentifikasi dengan pasti, tetapi karena prasasti dan rujukannya pada sebuah kuil, Spello menawarkan potensi penemuan besar terkait kultus kekaisaran di bawah penguasa Kristen," jelas Boin.

Surat Konstantinus, ditemukan pada abad ke-18, memberi wewenang kepada warga Spello untuk merayakan hari raya keagamaan di kampung halaman mereka sendiri, daripada pergi ke festival yang jaraknya jauh.

Kaisar Romawi menginstruksikan pembangunan sebuah kuil untuk memuja dinasti Flavia, yang dianggapnya sebagai nenek moyang ilahi.

Baca Juga: Arkeolog Temukan Candi yang Terpendam di Jawa Timur, Konon Digunakan untuk Memuja Dewa Siwa

Tim peneliti menggunakan pencitraan bawah tanah untuk mencari reruntuhan yang potensial, dan setelah beberapa minggu, mereka berhasil mengungkap struktur monumental dengan tiga dinding bagian dalam.

Boin menekankan bahwa temuan ini sangat signifikan karena dapat memberikan wawasan tentang peralihan Kekaisaran Romawi dari penyembahan berhala ke agama Kristen.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: malang.jatimnetwork.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini