Rute Ziarah Makam 5 Wali, Warga Madura Wajib Tau Lokasinya

Saturday, 20 January 2024
Rute Ziarah Makam 5 Wali, Warga Madura Wajib Tau Lokasinya
Rute Ziarah Makam 5 Wali, Warga Madura Wajib Tau Lokasinya

 

indonesiatoday.co.id | SURABAYA, JATIM - Provinsi Jawa Timur memiliki banyak sekali sejarah islam yang tersebar di beberapa kabupaten yang perlu dikunjungi untuk mendapatkan barokah dan pengetahuan ilmu islam.

Dari 9 wali songo, peziarah bisa berkunjung ke 5 makam wali songo di Jawa Timur. Wali songo adalah tokoh Islam yang menyebarkan agama Islam di Indonesia, terutama di wilayah Pulau Jawa. Makam para wali songo dihormati maka banyak wisatawan yang silip berganti dilokasi sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih.

 

Simak lokasi dan sejarah ringkasnya,

Baca Juga: Dokter di RSUD Syarifah Ambami Ratu Ebu Bangkalan Ke Kabupaten Tulungagung

1. Di Kota Pahlawan Surabaya ada makam sunan Ampel

 

Melewati jembatan nasional Suramadu warga Madura yang ingin melakukan napak tilas sejarah islam pertama kali harus ke sunan Ampel Surabaya yang beralamat di Jl. Ampel Masjid No.53, Ampel, Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Baca Juga: 2 Tersangka Carok di Bumi Anyar Bangkalan, Terancam Seumur Hidup

Semasa hidupnya, Sunan Ampel yang merupakan keturunan bangsawan dan anak dari ulama besar Syekh Maulana Malik Ibrahim menyebarkan agama Islam di Jawa, khususnya di Ampeldenta, Surabaya. Sunan Ampel kemudian mendirikan pesantren dan memiliki murid terkenal seperti Sunan Giri, Sunan Bonang, dan Sunan Drajat.

Baca Juga: DPUPR Bangkalan Bakal Siapkan 100 MilliBaca Juga: Peristiwa Berdarah di Bangkalan, 4 Orang Tewas Usai Carokar Untuk Revitalisasi Jalan Dan Jembatan

Lokasi makam Sunan Ampel berada di belakang Masjid Sunan Ampel yang masih berada di kawasan pusat Kota Surabaya. Kompleks makam Sunan Ampel bisa dikatakan luas karena terdapat berbagai makam lain seperti makam istri, kerabat, dan pengikutnya. Para peziarah juga bisa menemukan gentong berisi air di makam wali songo di Jawa Timur ini. Peziarah kerap membawa botol untuk diisi dengan air dari sumur yang dipercaya memiliki khasiat khusus.

2. Sunan Giri di kabupaten Gresik

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: pacunews.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini