PMR Wira Naraya Sripati SMK Negeri I Sedayu Gelar Donor Darah dan Lomba Mewarnai

Monday, 18 December 2023
PMR Wira Naraya Sripati SMK Negeri I Sedayu Gelar Donor Darah dan Lomba Mewarnai
PMR Wira Naraya Sripati SMK Negeri I Sedayu Gelar Donor Darah dan Lomba Mewarnai

HARIAN MERAPI - PMR Wira Naraya Sripati SMK Negeri I Sedayu, Bantul menggelar kegiatan donor dan lomba mewarnai bagi TK di lingkungan sekolah setempat, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Senin (18/12/2023).

Kepala Sekolah SMK Negeri I Sedayu Rohmat, S.Pd., M.Si menjelaskan kegiatan donor darah adalah upaya mendorong siswa lebih terlatih untuk melakukan gerakan gotong royong saling membantu sesama.

Menurut Rohmat, kegiatan donor darah SMK Negeri I Sedayu ini merupakan kali pertama setelah Pandemi Covid 19 usai, sebelumnya pihaknya mengaku sudah beberapa kali menggelar kegiatan serupa dengan menggandeng PMI Cabang Bantul.

Baca Juga: Berkas perkara pemerasan Firli Bahuri dilimpahkan ke Kejati DKI, ini enam jaksa yang ditunjuk meneliti

"Kegiatan ini merupakan salah satu penjabaran dari Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 yang menekankan pentingnya gerakan gotong royong membantu sesama yang membutuhkan bantuan",ucap Rohmat yang sebelumnya pernah bertugas di SMK N Dlingo.

Dalam kegiatan ini selain melibatkan guru, karyawan dan siswa untuk berdonor darah, menurut Rohmat melalui PMR sekolah juga menggandeng sejumlah instansi seperti Koramil dan Polsek serta orang tua siswa juga masyarakat umum di sekitar sekolah.

"Dari kegiatan ini diharapkan siswa benar benar dapat memahami dan melaksanakan pentingnya membantu sesama," ujarnya.

Sementara itu Pembina PMR SMK Negeri I Sedayu yang juga Kepala Perpustakaan Perkasa sekolah itu, Dra. Maria Estri Putranti mengungkapkan kegiatan donor darah dan lomba mewarnai ini merupakan salah satu bentuk pengenalan literasi bagi semua.

Baca Juga: Ditjen Bina Marga Beberkan Kabar Terbaru Penerapan MLFF atau Transaksi Tol Nirsentuh

"Donor darah dan lomba mewarnai bagi anak taman kanak-kanak ini disamping mengenalkan donor darah dalam bentuk literasi juga memberikan dasar literasi kepada anak anak TK pentingnya hidup sehat," ucap Maria begitu biasa disapa.

Menurut dia kegiatan ini sangat erat dengan upaya gerakan literasi inklusi sosial. Sehingga dalam tema lomba mewarnai itu diambil semangat Membantu Sesama Setetes Darah Menyelamatkan Orang Lain sebagai topiknya.

Dijelaskan Maria, jumlah anggota Palang Merah Remaja (PMR) di SMK Negeri I Sedayu ada sekitar 70 siswa sebagian besar sudah pernah mendapatkan pendidikan dasar kegiatan P3K sehingga memiliki ketrampilan dalam melakukan pertolongan kedaruratan.

Baca Juga: Densus 88 Geledah Rumah Kontrakan Terduga Teroris di Pasar Kemis Tangerang

Untuk target pendonor menurut Ketua Pelaksana Kegiatan Muhammad Surya Aldo Pratama tidak kurang dari 40 pendonor.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: harianmerapi.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini