Pipa Pertamina Pecah, Ini Kata Wakil Bupati PALI Soemarjono

Monday, 15 January 2024
Pipa Pertamina Pecah, Ini Kata Wakil Bupati PALI Soemarjono
Pipa Pertamina Pecah, Ini Kata Wakil Bupati PALI Soemarjono

indonesiatoday.co.id - Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan Ir H.Heri Amalindo MM melalui Wakil Bupati Drs H.Soemarjono angkat bicara terkait insiden pipa milik Pertamina Adera yang pecah pada Sabtu pagi,13 Januari 2023.

Wabup PALI meminta pihak Pertamina agar secepatnya mencari penyebab pecahnya pipa minyak yang letaknya tak jauh dari permukiman warga Desa Benuang Kecamatan Talang Ubi. 

"Kami minta secepatnya pihak Pertamina menyelesaikan permasalahan ini," pinta Wabup, kepada Publika.id sore ini.

Baca Juga: IAIN Pontianak Studi Tiru Zona Integritas di Kanwil Kemenkumham Sumsel, Aspirasi Raih Predikat WBK pada 2024

Dengan adanya warga yang terdampak atas kejadian itu, Wabup menekankan pihak Pertamina melakukan inventarisir kerugian yang dialami masyarakat. 

"Kalau memang itu akibat korosi, Pertamina harus bertanggung jawab dan selesaikan sesuai aturan yang ada," imbuhnya. 

Pertamina juga diminta Wabup PALI selain mendata kerugian warga,  juga agar bisa menginventarisir aset milik Pertamina yang telah keropos atau usianya telah tua.

"Kalau memang itu karena korosi, silahkan inventarisir aset terutama land pipa yang usianya telah tua. Pertamina kan ada datanya. Silahkan cek secara berkala atau lakukan perawatan sehingga tidak terjadi kebocoran," titah Wabup.

Baca Juga: Ditinggal Aaliyah Ibadah Umroh, Thariq Halilintar Nyanyi Lagu Galau Samping Fuji, Netizen: Kalau Sendirian Lebih Leluasa

Adanya warga yang mengungsi  Wabup berencana meninjau ke lokasi. 

"Kami akan segera ke lapangan untuk meninjau kondisi warga yang terdampak," imbuhnya. 

Sebelum proses pembersihan selesai dan limbah minyak masih ada di lokasi, Wabup menghimbau warga tidak mendekati lokasi apalagi merokok atau menghidupkan api.

"Limbah minyak yang keluar dari pipa yang pecah sangat berpotensi memantik kebakaran. Jadi jangan mendekati lokasi itu. Untuk pihak Pertamina juga harus melakukan penjaga jangan sampai kejadian itu bertambah besar," himbaunya.

Baca Juga: Rasakan Suasana Alam Pedesaan di Lereng Gunung Tengah Sawah Dengan Menginap di Tajur Katineung Purwakarta

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: sumsel24.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini