Malah Bersyukur soal PDNS Diretas, Budi Arie Seharusnya Mundur

Friday, 28 June 2024
Malah Bersyukur soal PDNS Diretas, Budi Arie Seharusnya Mundur
Malah Bersyukur soal PDNS Diretas, Budi Arie Seharusnya Mundur


INDONESIATODAY.CO.ID -
Kader Partai Demokrat, Eko Jhones heran dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi yang malah bersyukur mengenai peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya.


Karena menurut loyalis Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu, Budi Arie seharusnya mundur dari jabatan Menkominfo. Dan diketahui, peretasan PDNS 2  mengakibatkan 210 instansi baik pusat maupun daerah terdampak.


"Data kena retas kok bersyukur? Harusnya mundur bud," ucapnya, dikutip dari akun X pribadinya, Jumat (28/6).


Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi merasa bersyukur karena peretasan terhadap Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya bukan dilakukan negara lain.


Budi Arie menyampaikannya dalam rapat kerja di Komisi I DPR, Kamis (27/6) yang turut dihadiri Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian. Ia memastikan motifny adalah ekonomi.


"Di forum ini saya ingin tegaskan bahwa kesimpulan mereka ini non state actor dengan motif ekonomi. Itu sudah alhamdulillah dulu," kata Budi dalam rapat, dikutip dari CNN Indonesia.


Ia pun mengaku sedikit lega dengan kesimpulan dari pihaknya dan tim yang sedang bekerja, pasalnya dalam setiap kasus pertasan analisa motifnya hanya dua, yaitu state actor alias dilakukan negara lain untuk menyerang sistem keamanan nasional dan non-state actor alias dilakukan untuk motif lain.


Dan berdasarkan penilaiannya, motif pertama paling mengkhawatirkan karena berat untuk mengatasinya, seperti yang terjadi di pemerintahan Saudi Arabia beberapa waktu lalu.


"Karena kalau yang nyerang negara, berat. Kayak beberapa bulan lalu, pemerintah Saudi Arabia diserang oleh hacker-hacker Iran. Karena negara actor-nya. Itu berat," ucap Ketua relawan Projo itu.


Lebih lanjut, dirinya berjanji akan menyelesaikan proses pemulihan secepatnya. "Karena dari tahap yang sudah kita lakukan paling tidak identifikasi, deteksi, proteksi, juga kami lakukan terhadap PDNS 1, ini juga kami terus lakukan pemulihan salam waktu yang segera dan secepatnya," kata dia.


Sumber: wartaekonomi

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini