Gempa Guncang Pangandaran dan Sumedang Hari Ini, BMKG Jabar Ramal Malam Tahun Baru Diguyur Hujan

Sunday, 31 December 2023
Gempa Guncang Pangandaran dan Sumedang Hari Ini, BMKG Jabar Ramal Malam Tahun Baru Diguyur Hujan
Gempa Guncang Pangandaran dan Sumedang Hari Ini, BMKG Jabar Ramal Malam Tahun Baru Diguyur Hujan
 

URBANBOGOR.COM – Menjelang malam pergantian tahun, hari ini Minggu, 31 Desember 2023 Jawa Barat digemparkan oleh guncangan gempa bumi yang cukup besar. 

Hingga kini, pada situs resmi BMKG, hari ini Minggu 31 Desember 2023 tercatat telah terjadi 2 kali gempa bumi di Jawa Barat di 2 titik gempa yang berbeda, yakni Pangandaran dan Sumedang. 

Pukul 11:52:34 WIB gempa berpusat di Pangandaran, Jawa Barat dengan magnitudo 5.0 dan kedalaman 10km. 

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini, Penuh Warna Warni Merayakan Tahun Baru 2024

Guncangan gempa tersebut dirasakan oleh warga Jawa Barat mulai dari Ciamis, Tasikmalaya, hingga Garut hingga Cianjur 

Melansir informasi dari BMKG, gempa Pangandaran siang tadi tidak berpotensi menimbulkan tsunami. 

“Gempa Mag: 5.0, 31 Dec-23 11:52:34 WIB, Lok:8.22 LS – 107BT (90 km Barat Daya KAB-PANGANDARAN-JABAR), Kedalaman 10km. Tidak Berpotensi tsunami” 

Baca Juga: Brillo Pizza Pangandaran: Makan Pizza Pakai Nampan, Hidden Gem Kuliner di Pesisir Pantai

Disusul sore tadi, gempa bumi pun turut mengguncang Sumedang dan sekitarnya, bahkan getaran gempa tersebut dirasakan hingga pusat kota Bandung.  

“31 Desember 2023, 14:35:34 WIB, 4.1, 7 km, 6.85 LS - 107.93 BT. Pusat gempa berada di darat 1 km Timur Laut Kab.Sumedang. Dirasakan (Skala MMI): IV Sumedang, II-III Cileunyi, II-III Rancaekek, II - III Lembang, II - III Cicalengka, II - III Subang, II Garut, II Bandung” mengutip situs resmi Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika. 

BMKG Stasiun Kilmatologi Jawa Barat juga merilis Informasi Peringatan Dini terkait ramalan cuaca di Jawa Barat pada Minggu, 31 Desember 2023: 

Baca Juga: Sedang Melakukan Studi di Pulau Sempu, Mahasiswa IPB Ditemukan Meninggal Dunia

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada rentang waktu pagi, siang, hingga malam di sebagian wilayah Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi, Kab Karawang, Kab Purwakarta, Kab Subang, Kab Indramayu, Kab dan Kota Cirebon, Kab Majalengka, Kab Kuningan, Kab Sumedang, kab dan kota Bandung, Kab Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab Cianjur, Kab dan kota Sukabumi, Kab garut, Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Ciamis, Kota Banjar, Kab Pangandaran” keterangan pada unggahan @bmkg_jawabarat. 

Masyarakat pun diimbau untuk selalu waspada dan tetap tenang jika terjadi gempa bumi atau bemana lainnya. BMKG pun seraya berpesan kepada  masyarakat agar jangan mudah terhasut dengan isu terkait bencana alam yang kebenaranya belum tentu dapat dipertanggung jawabkan.*** 

 
 

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: bogor.urbanjabar.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini