Gelombang Baru COVID-19 di Singapura, Lebih Menular dan Tak Mempan Vaksin?

Wednesday, 22 May 2024
Gelombang Baru COVID-19 di Singapura, Lebih Menular dan Tak Mempan Vaksin?
Gelombang Baru COVID-19 di Singapura, Lebih Menular dan Tak Mempan Vaksin?


INDONESIATODAY.CO.ID -
Gelombang terbaru COVID-19 kembali melanda Singapura. Dua varian baru yakni KP.1 dan KP.2 mendominasi dengan menyumbang lebih dari dua pertiga kasus. Sebagai tetangga, Indonesia pun waspada tinggi. Bagaimana sebenarnya gejala dan tingkat penyebaran kedua varian baru ini?


Kasus COVID-19 di Singapura meningkat hampir dua kali lipat dari pekan ke pekan, sehingga mendorong Kementerian Kesehatan (MOH) untuk mengambil langkah-langkah memastikan kapasitas yang memadai di rumah sakit. Perkiraan jumlah infeksi COVID-19 pada tanggal 5 hingga 11 Mei naik menjadi 25.900, peningkatan sebesar 90 persen dibandingkan dengan 13.700 kasus pada minggu sebelumnya. 


Mengutip laporan Channel News Asia (CNA), rata-rata rawat inap harian akibat COVID-19 meningkat menjadi sekitar 250 dari 181 pada minggu sebelumnya, kata MOH pada Sabtu (18/5/2024). MOH menambahkan bahwa rata-rata kasus harian di perawatan intensif tetap rendah yaitu tiga kasus dibandingkan dua kasus pada minggu sebelumnya.


Sementara itu Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menyakini tingkat traffic Indonesia - Singapura sangat tinggi, sehingga kemungkinan besar COVID-19 varian baru di Singapura akan ada di Indonesia. “Karena Singapura tetangga ya, dan traffic-nya antara Singapura dan Indonesia juga cukup tinggi, saya rasa sih pasti akan masuk ke Indonesia yang PK ya, kalau enggak salah variannya,” kata Budi Gunadi Sadikin, Jakarta, Rabu (21/05/2024).


Menkes menegaskan, jika varian baru ini masuk ke Indonesia dipastikan tidak mengkhawatirkan. Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu panik terhadap varian baru COVID-19 ini.


Dari Mana Munculnya Varian Baru Ini?


KP.1 dan KP.2 termasuk dalam kelompok varian COVID-19 yang oleh para ilmuwan dijuluki “FLiRT”, sesuai dengan nama teknis mutasinya. Strain di FLiRT semuanya merupakan keturunan varian JN.1, cabang dari varian Omicron. Varian JN.1 menyebar dengan cepat ke seluruh dunia beberapa bulan lalu dan bertanggung jawab atas gelombang COVID-19 di Singapura pada bulan Desember lalu. 


Strain KP.2 tampaknya menyebar lebih cepat dibandingkan KP.1. Pada Mei, KP.2 diklasifikasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai 'Varian Dalam Pemantauan'. Hal ini memberikan sinyal kepada otoritas kesehatan masyarakat bahwa varian COVID-19 mungkin memerlukan prioritas dalan perhatian dan pemantauannya.


KP.2 pertama kali terdeteksi di India pada awal Januari. Sejak itu, virus ini menjadi jenis virus yang dominan di Amerika Serikat (AS), menyumbang sekitar 28 persen infeksi di negara tersebut pada pertengahan Mei. Angka ini naik dari hanya 6 persen pada pertengahan April dan 1 persen pada pertengahan Maret, menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).


KP.2 juga telah menyebar ke negara lain, antara lain China, Thailand, Australia, Selandia Baru, dan Inggris. Chinamengatakan varian baru COVID-19 tidak mungkin memicu gelombang infeksi baru di negara tersebut


Apakah Strain Baru ini Lebih Menular?


CDC AS mengatakan pada 16 Mei bahwa meskipun KP.2 adalah varian utama, penyakit ini tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah dibandingkan varian lainnya. Kementerian Kesehatan Singapura juga mengatakan pada 18 Mei bahwa saat ini tidak ada indikasi bahwa KP.1 dan KP.2 lebih mudah menular atau menyebabkan penyakit yang lebih parah dibandingkan varian lain yang beredar.


Namun sedikit perbedaan pada protein lonjakan KP.2 mungkin membuatnya lebih baik dalam menghindari pertahanan kekebalan tubuh dan sedikit lebih menular dibandingkan JN.1, menurut Dr David Ho, ahli virologi di Universitas Columbia yang dikutip New York Times. Bahkan dapat menginfeksi orang yang menerima vaksin terbaru, tambah Dr Ho, karena suntikan tersebut menargetkan XBB.1.5, varian yang berbeda dari JN.1.


“Mereka tentu saja dapat menghindari kekebalan yang diberikan oleh vaksinasi sebelumnya… atau infeksi sebelumnya sebelum JN.1,” kata Dr Leong Hoe Nam, pakar penyakit menular di Rophi Clinic di Singapura. Yang dia maksud adalah vaksin COVID-19 versi sebelumnya, seperti vaksin bivalen. Vaksin bivalen adalah vaksin yang merangsang respon imun terhadap lebih dari satu antigen, atau dalam hal ini strain virus.


Apakah KP.1 dan KP.2 Menyebabkan Gejala Lebih Parah?


Gejala KP.1 dan KP.2 sama dengan varian sebelumnya, kata Dr Leong, seraya menambahkan bahwa tidak ada indikasi varian tersebut menyebabkan penyakit yang lebih parah. Profesor Paul Tambyah yang mengutip Infectious Diseases Society of America, juga menyebut penyakit yang disebabkan KP.2 dan KP.1 tidak separah nenek moyangnya JN.1. 


Namun, KP.2 dan KP.1 mungkin lebih mudah menular, kata Prof Tambyah, yang merupakan presiden Masyarakat Internasional untuk Penyakit Menular. Perilaku mereka mengikuti perilaku semua virus, yang pada akhirnya berevolusi menjadi lebih mudah menular dan kurang ganas.


“Bahkan virus pandemi influenza tahun 1918 yang mematikan, yang menewaskan satu dari 50 orang di seluruh dunia, berevolusi menjadi jenis influenza musiman yang dominan pada tahun 1920 hingga 1957,” kata Prof Tambyah.


Seperti JN.1 dan varian Omicron sebelumnya, mungkin diperlukan waktu lima hari atau lebih sebelum seseorang mulai menunjukkan gejala setelah terpapar, meskipun gejala mungkin muncul lebih cepat, kata Profesor Andy Pekosz dari Sekolah Kesehatan Masyarakat John Hopkins Bloomberg.


“Kalau soal gejala, kami tidak melihat sesuatu yang baru atau berbeda dengan varian ini,” tambahnya. “Kita terus melihat lebih banyak penyakit ringan, tapi kemungkinan besar hal ini bukan karena virusnya lebih ringan, tapi karena kekebalan kita jauh lebih kuat sekarang.”


Gejalanya varian baru ini meliputi demam, sakit tenggorokan, pilek, dan kelelahan. Saat ini, lebih sedikit orang yang kehilangan indera perasa dan penciuman dibandingkan pada awal pandemi, namun beberapa orang mungkin masih mengalami gejala-gejala tersebut. Orang yang terinfeksi juga dapat mengalami gejala gastrointestinal seperti diare, mual, dan muntah, yang terkadang disalahartikan sebagai gejala norovirus.


Patutkah Kita Khawatir?


Secara global, jumlah pasien rawat inap di rumah sakit tidak banyak. Angka kematian juga tetap rendah. Dr Leong mengatakan akan ada peningkatan kecil dalam kasus di Singapura selama beberapa minggu ke depan karena varian KP.1 dan KP.2. Namun, ia menambahkan bahwa peningkatan ini relatif kecil dibandingkan dengan JN.1, karena infeksi sebelumnya dari JN.1 akan memberikan manfaat perlindungan yang signifikan kepada KP.1 dan KP.2.


Kekebalan dari vaksinasi sebelumnya dan yang sedang berlangsung, infeksi sebelumnya, serta tindakan kebersihan pribadi mungkin mengurangi tingginya lonjakan ini, kata Dr Shawn Vasoo, direktur klinis Pusat Penyakit Menular Nasional Singapura. “Kita telah melalui berbagai gelombang COVID-19. Saat ini, tidak ada peningkatan kekhawatiran mengenai strain baru ini dibandingkan varian Omicron sebelumnya,” tambahnya.


Bahayanya adalah infeksi berulang dapat meningkatkan risiko terkena COVID jangka panjang, kata Dr Fikadu Tafesse, ahli virologi di Oregon Health & Science University.


Dan tidak ada obat untuk COVID-19 yang berkepanjangan, kata Dr Leong. “Ini adalah lubang hitam yang tidak diketahui,” katanya, seraya menambahkan bahwa masyarakat harus mendapatkan vaksinasi untuk menghindari risiko penyakit jangka panjang.


Apakah Vaksin Saat Ini Masih Efektif?


Terhadap JN.1, vaksin yang saat ini dirancang berdasarkan Omicron XBB.1.5 memang menghasilkan beberapa antibodi reaktif silang, kata Profesor Pekosz. Penelitian terhadap beberapa varian baru belum dilakukan, katanya, seraya menambahkan bahwa varian tersebut cenderung sedikit kurang reaktif silang.


Dr Leong memberikan pandangan serupa. “Kita tahu bahwa vaksin XBB1.5 sekitar 50 persen efektif melawan JN.1. Kami menduga vaksin yang ada saat ini kurang efektif mencegah infeksi KP.1 dan KP.2,” ujarnya kepada CNA. Alasan utamanya adalah adanya mutasi FLiRT. Asam amino F menjadi L dan R menjadi T. Hal ini memungkinkan virus menghindari kekebalan yang ada terhadap COVID.


Sudah beberapa bulan sejak banyak orang menerima dosis vaksin terakhirnya, kekebalan menurun seiring berjalannya waktu. Para ilmuwan mengatakan vaksinasi masih merupakan pilihan terbaik, terutama untuk melawan penyakit parah. “Kami sangat yakin bahwa vaksin tersebut masih efektif dalam mencegah penyakit parah seperti rawat inap dan kematian,” kata Dr Leong.


MOH Singapura mengatakan bahwa selama bulan puncak gelombang JN.1 sebelumnya pada bulan Desember 2023, tingkat kejadian rawat inap dan perawatan intensif akibat COVID-19 di kalangan lansia berusia 60 tahun ke atas adalah 25 persen lebih tinggi pada mereka yang tidak menjalani perawatan intensif. 


Sementara CDC AS mengatakan badan tersebut terus memantau kinerja vaksin terhadap KP.2. Badan pengatur seperti WHO dan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS juga diperkirakan akan merekomendasikan formulasi vaksin COVID-19 terbaru yang akan diluncurkan pada awal musim gugur.


Apakah Test Kit Masih Efektif?


Dr Leong dan Dr Vasoo mengatakan alat tes COVID-19 mampu mendeteksi varian KP.1 dan KP.2. “Alat tes COVID-19 menguji protein N. Namun mutasi varian KP terutama disebabkan oleh protein lonjakan,” jelas Dr Leong. Faktanya, protein N secara konsisten stabil dengan hanya sedikit mutasi sejak awal.


Dr Vasoo mencatat bahwa beberapa tes aliran lateral telah dilaporkan kemungkinan menurunkan kinerja dengan varian Omicron. Namun varian KP.1 dan KP.2 masih bisa terdeteksi, ujarnya.


Pengujian memberikan diagnosis pasti, yang dapat memandu rencana pengobatan dengan lebih baik karena banyak gejala COVID-19 yang tumpang tindih dengan gejala virus pernapasan lainnya seperti influenza. “Hal ini lebih relevan bagi mereka yang rentan secara medis atau lansia, yang memerlukan pemantauan lebih dekat terhadap gejala mereka untuk mencegah memburuknya kondisi mereka atau perawatan medis tertentu,” saran Dr Vasoo.


Sumber: inilah

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini