DKI Jakarta Bangun Saringan Sampah Pertama di Kali Ciliwung, Ini Sistem Kerjanya

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


DKI Jakarta Bangun Saringan Sampah Pertama di Kali Ciliwung, Ini Sistem Kerjanya

INDONESIATODAY.CO.ID, Jakarta Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto menyatakan proyek saringan sampah di Kali Ciliwung merupakan yang pertama kali dibangun di Indonesia. Dia menyebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga berencana membangun saringan sampah yang sama di Kali Pasanggarahan.

Hal ini diungkapkan Asep saat mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berkunjung ke pembangunan sistem pengambilan dan treatment sampah badan air melalui rekayasa sungai pada Kali Ciliwung segmen TB Simatupang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (26/9/2022).

BACA JUGA: Wagub Riza: Perubahan Nama Jalan di Jakarta Tahap 2 Sedang Disusun BACA JUGA: Cuaca Besok Senin 26 September 2022, Pagi Hari Cerah Berawan di Jabodetabek BACA JUGA: Wagub DKI Janji Akan Tutup Semua Tempat Prostitusi di Jakarta

Baca Juga

Simak Lagi 26 Titik Ganjil Genap Jakarta pada Senin 26 September 2022 Bogor Dukung Kajian Perubahan Jam Kerja Daerah Penyangga DKI Jakarta Gelar Muskercab, PPP DKI Buka Pendaftaran Bakal Caleg Jakata

"Jadi memang seperti yang disampaikan oleh Pak Gubernur, ini adalah proyek pertama dan ke depannya kita akan coba lagi di Kali Pesanggarahan," kata dia.

"Kita sedang survei untuk titik lokasinya dan mudah mudahan kalau kita bisa alokasikan anggarannya untuk keduanya ada di Kali Pesanggarahan. Kita sedang cari titik untuk lokasinya," lanjut Asep.

Dia pun menjelaskan mengenai sistem kerja saringan sampah di Kali Ciliwung. Nantinya, pada aliran sungai dari arah Bogor menuju Jakarta akan disediakan dua penyekat untuk menyaring sampah sesuai dengan jenis sampahnya.

"Polanya adalah aliran sungai dari arah (Bogor-Jakarta) nanti akan ada dua penyekat sampah pertama untuk sampah besar isinya kayu bambu ada lemari kasur itu saringan pertama," jelas dia.

Tahap penyaringan terdiri dari dua tahapan. Saringan tahap satu, berfungsi untuk menangkap sampah-sampah ukuran di atas 50 cm, mengangkat dari badan air, menempatkannya di Conveyor untuk dihancurkan menjadi ukuran lebih kurang 5 cm - 20 cm.

 

Sumber : liputan6.com
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini