Awal Tahun 2024, Puluhan Kendaraan Antre Uji Kir Gratis di Kabupaten Madiun

Wednesday, 3 January 2024
Awal Tahun 2024, Puluhan Kendaraan Antre Uji Kir Gratis di Kabupaten Madiun
Awal Tahun 2024, Puluhan Kendaraan Antre Uji Kir Gratis di Kabupaten Madiun

Madiun, indonesiatoday.co.id - Pada awal tahun 2024, puluhan pikap, truk barang, dan mobil penumpang, sedang mengantre untuk mendaftar pengujian kendaraan bermotor gratis, Rabu (3/1/2024).

Tujuan diadakannya pengujian kendaraan bermotor gratis di Kabupaten Madiun yakni semua sarana yang dipakai oleh pengemudi selama menempuh perjalanan, berfungsi dengan baik.

Taryono Kabid Angkutan Jalan dan Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun mengatakan, pelaksanaan Uji KIR gratis mengacu pada Undang Undang Nomor 1 Tahun 2022 dan PP 35 tahun 2023, tentang retribusi pengujian kendaraan bermotor tanpa biaya.

"Untuk kategori kendaraan yang wajib uji kir yakni mobil barang, mobil penumpang, bus, kereta gandengan, dan kereta tempelan,” kata Taryono.

Baca Juga: Gegara ini, Warga Kandangan Ditemukan Tak Bernyawa di Dalam Kamar Kos

Ia mengatakan bahwa pemeriksaan yang dilakukan antara lain emisi kendaraan, asap, kondisi lorong, ban, kaca film, rem, lampu, tempat duduk serta speedometer.

"Untuk totalnya sudah 28 kendaraan menggunakan layanan tersebut, namun untuk target 30 kendaraan dalam sehari," imbuhnya.

Sedangkan kemarin, lanjut Taryono hanya 17 kendaraan saja, ia berharap Kabupaten Madiun untuk melakukan Uji KIR demi keselamatan.

Baca Juga: Bermain Air saat Hujan Deras, Bocah 8 Tahun di Kediri Meninggal di Saluran Drainase

"Pengujian kendaraan difokuskan pada kepemilikan sesuai dengan STNK di Kabupaten Madiun. Kalaupun ada yang di luar Kabupaten Madiun, harus minta izin serta ada rekomendasinya," pungkasnya.

Reporter : Rio/Andik Sukaca

Editor : Muji Hartono

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: koranmemo.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini