Anies: Yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet, Pakem Saya

Tuesday, 7 May 2024
Anies: Yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet, Pakem Saya
Anies: Yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet, Pakem Saya



INDONESIATODAY.CO.ID -Anies Baswedan menghormati langkah Ganjar Pranowo yang mendeklarasikan diri menjadi oposisi pemerintah. Menurut Anies keputusan Ganjar yang menyatakan sikap tak akan masuk pemerintahan Prabowo-Gibran tepat.


"Yang mendapatkan amanah konstitusi dari sebuah proses pilpres itu berada di dalam kabinet, yang tidak mendapatkan amanah berada di luar kabinet. Itu pakem saya katakan dari dulu," ujar Anies saat ditemui di kediamannya di kawasan Lebak Bulus Dalam, Jakarta Selatan, Selasa (7/5).



Oleh karenanya Anies menegaskan akan juga bersikap sama dengan Ganjar. Sama-sama menjadi penyeimbang pemerintahan selama lima tahu kedepan.


Pun begitu Anies menjelaskan bentuk dari sikap oposisinya bakalan berbeda dengan Ganjar sebab dirinya tidak terafiliasi dengan partai politik sementara Ganjar kader PDIP.


Yang pasti, kata Anies yang bersama Ganjar kalah dari Prabowo pada Pilpres 2024, dirinya konsisten untuk selalu berada di jalan perubahan.


"Kalau Pak Ganjar kan ada di parpol, saya warga negara (biasa) dan saya selalu mengatakan tetap di jalan perubahan,” tandas Anies.


Ganjar sendiri telah mendeklarasikan menjadi oposisi pemerintah. Ganjar menyatakan tak akan masuk pemerintahan Prabowo-Gibran usai kalah di Pilpres 2024.


Sikap politik itu diungkapkan Ganjar saat acara halal bihalal Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud. Turut hadir mantan cawapresnya Mahfud MD pada acara yang berlangsung di Jalan Teuku Umar 9, Menteng, Jakarta Pusat, Senin kemarin itu.


"Saya declare pertama saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini, tapi saya sangat menghormati pemerintahan ini," kata Ganjar.


Ganjar menegaskan sebagai oposisi dia tidak akan mencibir pemerintahan Prabowo-Gibran. Namun kritik tetap dia suarakan melalui cara yang benar, misalnya lewat jalur parlemen.


"Sehingga moralitas politiknya ada, cara berpolitik yang benar musti naik kelas, dan semua sama-sama terhormat, tidak perlu saling mencibir karena mencibir kita yang paling benar adalah di jalur yang pas, apa itu? Jalur parlemen. Itulah cara yang paling bagus. Kita bisa melakukan tindakan-tindakan yang pas untuk melakukan suatu kontrol," ungkap Ganjar.


Sumber: RMOL

BERIKUTNYA

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini