Wow! Ternyata Ada Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Ciremai, Cek Sekarang

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Wow! Ternyata Ada Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Ciremai, Cek Sekarang

INDONESIATODAY.CO.ID - Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menyimpan segudang potensi alam yang menjadi magnet banyak orang untuk datang.

Satu dari sekian banyak potensi alam di kawasan puncak tertinggi Jawa Barat ini yaitu, Telaga Cicerem.

Berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, telaga tersebut hanya berjarak 25 kilometer dari pusat Kota Cirebon atau 30 kilometer pusat Kabupaten Kuningan. Berfoto dengan ratusan ikan koi (Z Creators/Kim Baihaqi)

Untuk bisa sampai di Telaga Cicerem, kamu bisa menggunakan dua akses jalan, yaitu Sumber-Mandirancan atau Cirebon Dukupuntang.

Akses tersebut bisa dilintasi oleh minibus atau kendaraan besar lainnya.

Setibanya di Telaga Cicerem, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp10 ribu. Wisatawan yang datang menggunakan kendaraan enggak perlu khawatir karena area parkir luas disediakan oleh pengelola.

Di lokasi telaga, kamu akan langsung disajikan pemandangan telaga seluas 900 meter. Sinar matahari yang menyorot, membuat air di dalam telaga semakin jernih hingga ribuan ikan terlihat. Air Telaga Cicerem sangat jernih (Z Creators/Kim Baihaqi)

Kalau kamu suka berswafoto, Telaga Cicerem sangat tepat untuk didatangi karena ada banyak spot foto, di antaranya ayunan dan jembatan cinta.

Selain berswafoto, kamu juga bisa berkeliling telaga menggunakan perahu atau juga berenang bersama ribuan ikan.

Adinda Widya (30), pengunjung Asal Bandung mengatakan, sengaja datang ke Telaga Cicerem karena fenomena keindahan alamnya sering bersliweran di media sosial.

Menurutnya, kondisi alam yang terjadi di Telaga Cicerem sesuai ekspektasi. Ia juga enggak menemukan sampah berserakan di seluruh penjuru objek wisata ini.

"Sesuai ekspektasi. Biasanya kan kalo bagus di medsos, kenyataan suka terbalik. Keren pokoknya ini," ujar Adinda, Sabtu (19/11/2022).

Mitos Telaga Cicerem

Konon, keberadaan Telaga Cicerem punya kaitan erat dengan Nyi Bomas Inten, warga asli desa yang dinikahi oleh keturunan Kesultanan Cirebon, Syekh Abdul Iman.

Baca Juga: Jarang Ada yang Tahu, Bulukumba Punya Telaga Biru Tempat Mandi Keluarga Raja

Warga di sana percaya kalau arwah Nyi Bomas Inten masih berada di Telaga Cicerem. Sehingga, masyarakat sekitar berupaya keras menjaga kelestarian sumber mata air tersebut.

Sebagai bentuk hormat kepada Nyi Bomas Inten, warga Desa Kaduela membuat sebuah patung di samping telaga.

Gimana, kamu tertarik berlibur ke sini?

Artikel Menarik Lainnya: 

Keren! Abraham Soyem, Putra Maluku Berhasil Tembus IMF Amerika

Resep Ayam dan Terong Woku Viral Ala Bunda Corla, Kaya Rempah dan Mudah Dibuat di Rumah

Berkunjung ke 'Feerie de Noel' Berasa Natal Setiap Hari, Lokasinya Mirip Film Disney!

Unik! Masjid Bawah Tanah Ini Mengingatkan Jemaah Akan Kematian

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini. Z Creators

Sumber : indozone.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini