Waspada! Gempa dan Banjir di Waktu Nyaris Bersamaan di Kawasan Denpasar

Sunday, 28 January 2024
Waspada!  Gempa dan Banjir di Waktu Nyaris Bersamaan di Kawasan Denpasar
Waspada! Gempa dan Banjir di Waktu Nyaris Bersamaan di Kawasan Denpasar
 
 
DENPASAR, radarbali.id -  Telah terjadi gempa tektonik di Kuta Selatan terasa hingga Denpasar dan Gianyar sekitar 17.33 kemarin (27/1).
 
Menurut data BMKG  Gempa bumi  tersebut jenis tektonik  kekuaran 5,6 SR  di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa, Jember, Jawa Timur yang tidak berpotensi tsunami
 
Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,5. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 11,56° LS ; 113,36° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 370 Km arah Barat Daya Kuta Selatan, Bali pada kedalaman 10 km.
 
 
 Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali Made  Rentin menjelaskan dari hasil laporan BMKG dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas deformasi batuan di luar zona subduksi (outerrise zone).
 
"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun ( normal fault )," kata Rentin
 
Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kuta, Mataram dan Lombok Barat dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah) Terasa juga  daerah Denpasar dan Gianyar dengan skala intensitas II MMI. 
 
 
Sementara itu, hujan juga mengguyur Denpasar dan sekitarnya selama sejamm Dampaknya terjadi banjir di beberapa titik.
 
Dikonfirmasi dengan Kalaksa BPBD Kota Denpasar IB Joni menyatakan berdasar data sementara banjir dengan ketinggi sebetis orang dewasa di Jalan Sedap Malam, Yang Batu, Jalan Pemuda, dan Jalan Puputan Renon. 
 
"Sekita satu jam hujannya. Belum ada info. (kerugian dan korban)" kata Gus Joni.***

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: radarbali.jawapos.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini