Waspada Gangguan Pendengaran pada Orangtua, Ini yang Harus Dilakukan

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Waspada Gangguan Pendengaran pada Orangtua, Ini yang Harus Dilakukan

JAKARTA, INDONESIATODAY.CO.ID - Masih banyak orang yang tidak waspada tentang gangguan pendengaran pada orangtua. Gangguan pendengaran ini biasa disebut Presbikusis dan merupakan hal yang lumrah terjadi. 

Baca Juga : Mengenal Faktor Utama Gangguan Pendengaran, Ini Cara Pengobatannya

Presbikusis biasa terjadi pada umur 65-75 tahun atau bisa lebih cepat daripada itu. Penyebabnya adalah penurunan semua saraf yang ada di telinga sehingga pendengaran pada orangtua terganggu. 

Dokter Mardhita Kasoem MSc selaku Audiology Vestibular Physician, mengatakan pendengaran dan keseimbangan menjelaskan bahwa gejala awal dari gangguan pendengaran pada orangtua tidak mudah untuk disadari. Biasanya orang lain yang menyadari kalau orangtuanya terkena gangguan pendengaran. 

Baca Juga : Mengejutkan! IU Mengaku Memiliki Masalah Pendengaran 

“Jadi saat kita ajak ngomong, pasti penderita akan minta diulang-ulang karena kata kata yang didengar suka tidak jelas atau biasa terjadi ketika orangtua sedang menonton TV dan radio pasti volume suaranya harus keras,” ucap Dr. Mardhita Kasoem MSc saat ditemui di Morning Update, Inews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. 

Gangguan pendengaran pada orangtua harus kita waspadai karena pastinya hal tersebut akan menganggu aktivitas sehari-hari. Dia juga menitipkan pesan pada masyarakat agar waspada terhadap gangguan pendengaran. 

Baca Juga : Ashton Kutcher Berjuang Melawan Autoimun, Sempat Kehilangan Pendengaran hingga Tak Bisa Jalan 

“Jaga kesehatan secara umum, lalu biasakan untuk mengurangi mendengar suara keras. Misalnya mendengar musik dengan earphone jangan terlalu keras sampai orang disebelah kita bisa mendengar juga. Lalu untuk orangtua, jika kita sudah menyadari saat sedang mengobrol dengan orangtua harus diulang-ulang dengan keras, maka bisa langsung membawa orangtuanya ke dokter spesialis pendengaran," katanya.

Editor : Tia Ayunita

Sumber : celebrities.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini