Warga Kota Bekasi Keluhkan Kualitas Air Turun dan Bau

Monday, 18 December 2023
Warga Kota Bekasi Keluhkan Kualitas Air Turun dan Bau
Warga Kota Bekasi Keluhkan Kualitas Air Turun dan Bau

indonesiatoday.co.id - Pemerintah Kota Bekasi menanggapi laporan warga terkait kualitas air turun dan bau pada Sabtu 16 Desember 2023.

Pemerintah Kota Bekasi bersama Perumda Tirta Patriot meninjau langsung air baku di Saluran Air Palanta, Sabtu 16 Desember 2023 malam, pada pukul 21.00 WIB hingga 23:35 WIB. Dilakukan pengecekan indikator bau di Saluran Air Palanta dan tidak ditemukan bau.

Namun tetap dilakukan proses produksi air baku dengan total 325 Lps untuk 3 Instalasi Pengolahan Air, maka disimpulkan hasil produksi tersebut yang diduga menyebabkan bau ketika sampai di rumah-rumah warga.

Baca Juga: Tim Kuasa Hukum Eddy Hiariej Tuding Wakil Ketua KPK Alexander Marwata Sebar Hoaks

Selanjutnya, pada Minggu 17 Desember 2023 malam pukul 23:30 WIB, kondisi air baku ditemukan mulai berbau dan berbusa. Sebab itu, proses produksi dihentikan karena hasil parameter kualitas air baku tidak memenuhi syarat.

Pada pukul 01.33 WIB, distribusi air ke masyarakat dihentikan untuk wilayah Pelayanan di Bekasi Barat dan Bekasi Utara, sama halnya dengan distribusi air ke wilayah Summarecon dihentikan pada pukul 02.54 WIB karena kondisi stock di reservoir atau tempat penyimpanan cadangan air telah habis.

Dari hasil laporan dan tindaklanjut tersebut, pada Senin 18 Desember 2023, sudah ditemukan titik terang bahwasannya kondisi air baku sudah tidak berbusa dan berbau.

Baca Juga: Utus Sekretaris Pribadi, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin Santuni Korban Truk Tambang di Parungpanjang

Sehingga pada pukul 08:45 WIB produksi air untuk distribusi ke masyarakat sudah kembali normal di angka 600 Lps.

Menanggapi hasil tersebut, Pj Wali Kota Bekasi Gani Muhamad menuturkan bahwa pihaknya tidak akan tinggal diam menanggapi laporan atau pengaduan warga.

"Tentunya kami akan menindaklanjuti dan mengusahakan untuk mencari jalan keluarnya, Alhamdulillah pagi ini sudah berangsur normal, produksi air baku sudah bertambah dan tidak berbau lagi," kata dia.

"Akan kami pantau dan jaga terus kondisi normal seperti ini agar warga tetap nyaman serta tetap mendapatkan pelayanan terbaik," tutup Gani Muhamad.***

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: metropolitan.id

Komentar

Artikel Terkait

Terkini