Ujian Kenaikan Tingkat Siswa Tapak Suci Muhammadiyah Balebo Sukses Digelar

Monday, 29 January 2024
Ujian Kenaikan Tingkat Siswa Tapak Suci Muhammadiyah Balebo Sukses Digelar
Ujian Kenaikan Tingkat Siswa Tapak Suci Muhammadiyah Balebo Sukses Digelar

Luwu Utara - Ujian Kenaikan Tingkat Siswa (UKTS) Cabang 03 Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM) Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo sukses digelar Sabtu dan Ahad, 27-28 Januari 2024, di Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo. UKTS diikuti sebanyak 43 peserta dan 15 kader/pelatih.

Direktur Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo, Untung Sunardi, mengatakan, tapak suci sebagai bagian dari Ortom Muhammadiyah wajib ada di setiap Lembaga Persyarikatan Muhammadiyah (LPM). Keberadaannya bukan hanya sekadar ada, tetapi mampu dikembangkan dengan lebih baik.

“Tapak Suci Putera Muhammadiyah sebagai salah satu ortom, di setiap lembaga Muhammadiyah wajib ada tapak suci. Keberadaan tapak suci bukan hanya sekadar ada, tetapi betul-betul bisa dikembangkan dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga: Resep Kue Keranjang Imlek Rumahan, Mudah dan Praktis!

Untung Sunardi berharap siswa yang mengikuti UKTS ini jenjangnya bukan hanya siswa dasar, tetapi bisa melanjutkan ke jenjang kader untuk bisa melakukan kaderisasi dan bisa melatih siswa kembali. “Makanya saya harap bukan hanya sampai siswa dasar, tetapi bisa sampai ke jenjang kader agar nantinya bisa menjadi pelatih dan melatih siswa," jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, salah satu bentuk sosialisasi yang konkrit adalah melalui tapak suci putera Muhammadiyah sesuai dengan tujuan Muhammadiyah. “Tapak suci harus bisa menyosialisasikan program Muhammadiyah melalui tapak suci yang sesuai dengan tujuan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, dakwah dan tajdid,” harap dia.

“Di tapak suci bukan hanya sekadar gerakan fisik saja, tetapi juga ada kegiatan kerohanian, seperti Baitul Arqam dan lain sebagainya,” harapnya lagi. Untung juga menegaskan agar siswa atau kader tapak suci bukan hanya kuat fisiknya, tetapi juga bisa dari segi akidah dan akhlak.

Baca Juga: Inilah Sosok Nadine Putri Nugraha, Dapatkan Bantuan Kursi Roda Elektrik dari Ivan Gunawan

“Intinya bukan hanya bagaimana kader tapak suci kuat fisiknya saja, tetapi juga bisa kuat dari segi akidah dan akhlak sebagaimana yang ada pada motto tapak suci, yakni dengan iman dan akhlak, saya menjadi kuat, tanpa iman dan akhlak saya menjadi lemah’, inilah yang harus dimiliki setiap kader,” tegasnya.

Untung juga berpesan agar siswa dan kader tapak suci selalu menjaga akhlak dan mampu bersikap lemah lembut, dan mampu berada di barisan terdepan membela tapak suci dan Muhammadiyah.

“Dalam tapak suci putera Muhammadiyah, kita harus pahami makna di balik lambang tapak suci putera Muhammadiyah. Salah satu di antaranya adalah menjadi kader yang tidak sombong, tetapi bersikap lemah lembut, sopan, tetapi ketika ada orang yang merongrong Islam, merongrong Muhammadiyah, maka kita harus berada di barisan terdepan,” pungkasnya.

Baca Juga: Dihajar Australia 0-4, Garuda Indonesia Gagal Terbang Lebih Tinggi

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah 273 TSPM Kabupaten Luwu Utara, Ibrahim Nasir, mengaku bersyukur UKTS bisa terlaksana. “Alhamdulillah, tahun 2024, Cabang 03 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Balebo melaksanakan UKTS Susulan ini dikarenakan kalender pendidikan berbeda dengan sekolah umum lainnya,” kata Ibrahim.

Ia juga menyebutkan bahwa tujuan pelaksanaan UKTS sebagai evaluasi dan mencari bibit unggul persyarikatan Muhammadiyah ke depannya. “Adapun tujuan UKTS ini adalah untuk mengevaluasi latihan selama enam bulan terakhir. Kedua, untuk mencari bibit demi kaderisasi yang baik di tingkat tapak suci maupun tingkat persyarikatan Muhammadiyah,” sebutnya.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: klikanggaran.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini