Tapanuli Utara Diguncang Gempa 69 Kali, 1 Orang Meninggal 9 Dilarikan ke Rumah Sakit

INDONESIATODAY
indonesiatoday.co.id


Tapanuli Utara Diguncang Gempa 69 Kali, 1 Orang Meninggal 9 Dilarikan ke Rumah Sakit

INDONESIATODAY.CO.ID - Bencana alam gempa bumi kembali mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu dini hari (1/10/2022) sekitar pukul 02.28.41 WIB.

Data dari BMKG, akibat bencana itu sedikitnya 1 orang meninggal dunia dan 9 lainnya mengalami luka berat di. Selain itu juga puluhan rumah mengalami rusak berat.

Warga luka-luka akibat gempa bumi (Z Creators/Yudi Manar)

Menurut Plt Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Daryono, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,8.

Baca Juga:

Ilmuwan di Jepang Buat Robot Kecoa yang Bisa Selamatkan Manusia dari Bencana Alam

Dampak Gempa M 6,2 di Kepulauan Mentawai, 200 Warga Mengungsi hingga Bangunan Rusak

Gempa Bermagnitudo 7,5 Guncang Papua Nugini, Getarannya Dirasakan di Papua

"Episenter gempa bumi berlokasi di darat wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km," kata Daryono melalui keterangan yang resmi diterima Tim Z Creators, Yudi Manar.

Warga terluka akibat gempa bumi (Z Creators/Yudi Manar)

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, kata Daryono, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra segmen Renun. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser strike-slip," ucapnya.

Sementara itu, petugas Staff Operasional PGR 1 On Duty Wilayah Sumatera Utara Triya Fachriyeni saat dikonfirmasi, hingga pukul 10.41 WIB sudah terjadi 69 kali gempa susulan di wilayah itu.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," pungkasnya.

Artikel menarik lainnya:

Unik! Seluruh Kota Ini Dipenuhi dengan Saksofon Raksasa, Ada yang Terbuat dari Kaca Loh

Bukan Nasi Pedas, Tapi Turis Rela Antre di Warung Siam Ubud Demi Seporsi Menu Ini!

Dari Petani Tembakau, Mas Goplow Sukses Banting Setir Jualan Rica Mentok

5 Alasan Wajib Nonton Drakor 'Narco-Saints', Salah Satunya Endingnya Bikin Geleng Kepala

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators

Sumber : indozone.id
Note:
Apabila isi berita kurang lengkap dan tidak jelas, silahkan baca selengkapnya dengan klik tautan 'Lihat artikel asli' di atas. Jika terdapat kesalahan informasi pada berita ini, silahkan hubungi kami melalui email [email protected].
Komentar
Menarik untuk dibaca
Terpopuler Hari Ini