Siasat Pegi atau Perong Saat Bersembunyi 8 Tahun Usai Bunuh Vina dan Eky Terungkap, Lakukan Hal Ini Demi Tak Tertangkap

Thursday, 23 May 2024
Siasat Pegi atau Perong Saat Bersembunyi 8 Tahun Usai Bunuh Vina dan Eky Terungkap, Lakukan Hal Ini Demi Tak Tertangkap
Siasat Pegi atau Perong Saat Bersembunyi 8 Tahun Usai Bunuh Vina dan Eky Terungkap, Lakukan Hal Ini Demi Tak Tertangkap



INDONESIATODAY.CO.ID  - Pegi atau Perong, otak pembunuhan dan pemerkosaan terhadap Vina Cirebon 2016 berhasil ditangkap polisi di Bandung tak lama setelah Film Vina: Sebelum 7 Hari viral. Selama bersembunyi 8 tahun lamanya, Pegi memiliki siasat agar tak bisa dilacak oleh pihak kepolisian. 


Rupanya selama ini Pegi kerap berpindah-pindah di Cirebon dan Bandung hingga mengubah namanya menjadi Robi. Saat ditangkap, polis menyebutkan bahwa Pegi bekerja sebagai kuli bangunan. Hal tersebut diungkap oleh Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Jules Abraham Abast. 


 "Dia berganti nama. Panggilan di tempat kerja (kuli bangunan) mengaku bernama Robi,’’ ujar Jules, Rabu (22/5/2024) malam. Jules menyebut Pegi alias Perong ditangkap di Jalan Kopo, Kota Bandung pada Selasa malam (21/5/2024) saat pulang bekerja sebagai kuli bangunan.  


"Tersangka PS diduga sebagai otak kasus pembunuhan disertai pemerkosaan yang terjadi delapan tahun silam berhasil ditangkap," ujar dia.   


Saat ini, kata Jules, penyidik Ditreskrimum Polda Jabar masih terus melakukan pendalaman terhadap DPO bernama Pegi alias Perong yang saat sudah berhasil ditangkap. "Polisi masih terus melakukan proses pendalaman atas kasus ini,” ungkapnya.  


Sebelumnya diberitakan, Polda Jawa Barat (Jabar) membenarkan jika Pegi alias Perong salah satu DPO kasus Vina Cirebon telah ditangkap di Bandung.  Disebutkan jika Pegi alias Perong ini ada di Bandung untuk bekerja sebagai tukang bangunan.   


Setelah dibenarkan telah ditangkap, Ditreskrimum Polda Jabar dan Polres Cirebon Kota pun menggeledah salah satu rumah diduga rumah Pegi alias Perong di Desa Kepongpongan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat pada Rabu (22/5/2024).  


Penggeledahan yang dilakukan oleh Polda Jabar dan Polres Cirebon Kota berlangsung selama tiga jam. Penyataan Anggy Umbara Soal Pegi Terang benderang, Egi disebut kepala geng motor di Cirebon. 


 Hal ini diungkapkan Anggy Umbara Sutradara Film Vina: Sebelum 7 Hari di podcast RJL 5 - Fajar Aditya yang diunggah pada Sabtu (18/5/2024) lalu di YouTube. 


  Anggy mengatakan hal ini berdasarkan riset keterangan dari keluarga korban.   Mulanya, Anggy menceritakan kronologi kasus Vina ini mulai dari Vina disebut kecelakaan hingga Linda sahabat Vina kerasukan.  


Di rekaman kerasukan itu, sosok Vina yang disebut-sebut merasuki Linda menceritakan secara detail apa yang terjadi pada Vina hingga diketahui Vina adalah korban pembunuhan.  Rekaman Linda kerasukan ini pun menjadi viral di jagat maya.


 Saat Linda kerasukan, nama Egi disebut-sebut sebagai pelaku utama atau otak dari kasus ini.   “Di video kesurupan itu kan disebut satu nama. Ada Egi. Egi belum ketangkap. Egi itu siapa?,” kata penanya. 


 “Ya kalau menurut almarhumah Vina yang masuk ke tubuh Linda sih dia anaknya polisi. Katanya sih. Anak polisi diulang berkali-kali. 


Dan dia kayak kepala geng motornya lah di sana. Dan otak pelakunya dia,” ujar Anggy.  “Jadi sebelum itu, orang-orang, reputasi dia itu udah tahu. Orang tahu si Egi tuh gini gitu. {Egi) geng motor. 


Dia kenal jadi temennya Vina juga,” sambungnya.  Seperti diketahui, Vina merupakan korban pembunuhan yang dilakukan 11 pelaku di Cirebon pada 2016 silam.  Dari 11 pelaku itu 8 di antaranya telah mendapatkan hukuman. 


Sedangkan, 3 lainnya masih dalam pencarian.  Vina dan kekasihnya Eky dibunuh disebut-sebut karena salah satu pelaku menyukai Vina dan Vina menolaknya.  


Mulanya, kasus Vina ini disebut sebagai kecelakaan. Namun, akhirnya kasus ini terkuak menjadi kasus pembunuhan.   


Kasus ini pun kembali diungkit ke publik karena kisahnya difilmkan dalam film berjudul Vina: Sebelum 7 Hari.   Terbaru, pada Selasa (21/5/2024) Polda Jabar berhasil menangkap satu DPO yang bernama Pegi alias Perong di Bandung


Sumber: tvOne

BERIKUTNYA

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini