Remaja Masjid Ikut Serta dalam Pengamanan Perayaan Natal di Gereja Katedral Medan

Sunday, 24 December 2023
Remaja Masjid Ikut Serta dalam Pengamanan Perayaan Natal di Gereja Katedral Medan
Remaja Masjid Ikut Serta dalam Pengamanan Perayaan Natal di Gereja Katedral Medan

indonesiatoday.co.id- Dalam merayakan Natal 2023, Gereja Katedral Medan melibatkan umat lintas agama dalam upaya pengamanan wilayah setempat.

Koordinator Seksi Keamanan Panitia Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Putra Sembiring, menyampaikan bahwa umat lintas agama, terutama remaja masjid di sekitar Kelurahan AUR, Kota Medan, turut membantu mengamankan jalannya perayaan.

Menurut Putra, keterlibatan remaja masjid dalam pengamanan tidak terbatas pada perayaan Natal saja, tetapi juga melibatkan mereka dalam perayaan-perayaan besar lainnya yang diselenggarakan oleh gereja Katolik. 

Baca Juga: Jamin Keamanan Masyarakat untuk Ibadah Natal, Polri Sterilkan Seluruh Gereja

Kolaborasi ini menunjukkan semangat gotong royong antarumat beragama untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

"Mereka (remaja masjid) biasanya di perayaan besar gereja juga tetap ikut andil, nggak mesti Natal doang. Kadang dikirim 5-10 remaja masjid untuk kolaborasi dengan kami sebagai seksi keamanan internal Gereja," ujar Putra di Gereja Katedral Medan, Minggu (24/12/2023), dilansir dari rri.co.id.

Pihak gereja memastikan bahwa setiap tahun remaja masjid di kelurahan AUR membantu menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas. Tugas mereka termasuk melakukan pemeriksaan barang bawaan umat di pintu-pintu masuk gereja.

"Pemeriksaan dilakukan di luar pagar gereja, kita siapkan tenda, jadi sebelum umat masuk dalam pagar, kita sudah sterilkan di luar. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan," tambahnya. 

Baca Juga: Spirit Pemberdayaan Umat: ICMI Muda Sulteng dan BMIS Galang Dukungan untuk Guru Ngaji

"Kami juga punya alat metal detector untuk mengecek umat yang mau masuk ke dalam gereja. Pintu masuk kami sediakkan juga di belakang, kalau ada yang parkir di belakang," jelas Putra, mengakhiri penjelasannya.***

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: kabarpalu.net

Komentar

Artikel Terkait

Terkini