Rapat Paripurna Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai, Bupati dan Wabup Sampaikan Capaian Pembangunan dan Prestasi Tahun 2023

Sunday, 7 January 2024
Rapat Paripurna Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai, Bupati dan Wabup Sampaikan Capaian Pembangunan dan Prestasi Tahun 2023
Rapat Paripurna Hari Jadi ke-20 Kabupaten Sergai, Bupati dan Wabup Sampaikan Capaian Pembangunan dan Prestasi Tahun 2023

SEI RAMPAH, indonesiatoday.co.id – Puncak Hari Jadi ke 20 Serdang Bedagai (Sergai) dibuka dengan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sergai yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sergai, Sei Rampah, Minggu (7/1/2023).

Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) H. Adlin Tambunan maju berdampingan memberi sambutan dalam momen ini.

Bupati Sergai dalam kesempatan ini menyampaikan seiring perjalanan dua dekade yang telah dilalui, Pemkab Sergai terus menata diri, memaksimalkan potensi yang dimiliki dan tetap berupaya meraih prestasi baik di level nasional maupun provinsi.

Baca Juga: Pertama di Kabupaten Sergai, Bupati dan Wakil Bupati Resmikan Tempat Jajanan Khas Banjar

Rapat Paripurna Hari Jadi ke 20 Kabupaten Sergai, Bupati dan Wabup Sampaikan Capaian Pembangunan dan Prestasi Tahun 2023
Rapat Paripurna Hari Jadi ke 20 Kabupaten Sergai, Bupati dan Wabup Sampaikan Capaian Pembangunan dan Prestasi Tahun 2023 (BUDI TN)

“Melimpahnya sumber daya alam (SDA), tersedianya sumber daya manusia (SDM), dan kemampuan pendanaan yang dimiliki yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi, APBD Kabupaten serta partisipasi swasta dan masyarakat merupakan modal besar bagi Pemkab Sergai dalam melaksanakan pembangunan,” terangnya.

Pembangunan tersebut, lanjut Darma Wijaya, tentu memberikan perubahan yang dapat dilihat dan rasakan bersama baik dari aspek pembangunan fisik maupun dari aspek pembangunan sosial budaya dan ekonomi. Capaian pembangunan yang telah diraih ini juga sebutnya merupakan buah dari kebersamaan dan kerja keras semua pihak.

Pada kesempatan ini, Bupati Sergai menjabarkan capaian panjang pembangunan yang telah dilaksanakan selama tahun 2023. Capaian tersebut, yaitu pembangunan jalan kabupaten sepanjang 64,9 km, pembangunan jaringan irigasi, jembatan, saluran drainase, jalan produksi pertanian, jalan usaha tani, rumah tidak layak huni, akses sanitasi layak dan aman, akses air minum layak, Rice Milling Unit (RMU).

Baca Juga: 10 Ciri Anak Muda yang Bakal Sukses di Masa Depan, Jangan Merendahkannya Kamu Akan Menyesal dan Malu

Selanjutnya, ruang kelas baru dan rehabilitasi ruang kelas, ruang guru dan ruang UKS, ruang perpustakaan dan toilet, ruang laboratorium komputer dan ruang laboratorium IPA, area bermain luar ruang PAUD, pembangunan/rehab rumah sakit berupa gedung rawat inap, ruangan haemodialisi (HD), rehab ruangan cateterisasi jantung (Cath Lab), rehab ruangan CT Scan (radiologi) dan penambahan alat kesehatan Cath Lab, CT scan dan Ekokardiografi, rehab balai penyuluhan KB dan rehab gudang alat dan obat kontrasepsi.

“Selain pembangunan fisik, Pemkab Sergai juga telah menambah aset daerah seperti pengadaan tanah dari eks hak guna usaha (HGU) perusahaan perkebunan yang sudah dimanfaatkan salah satunya untuk alun-alun kota yang selama ini belum kita miliki dan hari ini sudah bisa kita gunakan sebagai tempat Perayaan Hari Jadi Kabupaten Sergai yang ke-20,” lanjutnya.

Selanjutnya lewat pidato ini juga, Darma Wijaya menyampaikan jika Pemkab Sergai tak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur tapi juga termasuk aspek sosial budaya dan ekonomi.

Baca Juga: Skills Zaman Now yang Bikin Kamu WOW!! Anak Usia 20-an Harus Tau Ini Agar Siap Menghadapi Masa Depan

Pembangunan tersebut termasuk pemberian bantuan penyediaan permakanan kepada masyarakat miskin, bantuan iuran jaminan kesehatan daerah, kursi roda, makanan tambahan kepada balita gizi kurang dan ibu hamil kurang energi kronik, pelaksanaan event-event kebudayaan, pelatihan tenaga kerja dan pembinaan UMKM, bantuan kapal penangkap ikan dan alat penangkapan ikan ramah lingkungan, pembangunan bak pemijahan induk dan pengadaan sarana prasarana budidaya ikan air payau dan sarana budidaya air tawar, bantuan saprodi berupa pupuk organik dan alsintan berupa pompa air, cultivator, handsprayer dan rice transplanter.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: timenews.co.id

Komentar

Artikel Terkait

Terkini