PT BSI Berhasil Cetak Srikandi Operator Alat Berat, Vanesa : Bangga Menjadi Bagian Operator Tambang, Dari Tidak Bisa Menjadi Bisa

Tuesday, 30 January 2024
PT BSI Berhasil Cetak Srikandi Operator Alat Berat, Vanesa : Bangga Menjadi Bagian Operator Tambang, Dari Tidak Bisa Menjadi Bisa
PT BSI Berhasil Cetak Srikandi Operator Alat Berat, Vanesa : Bangga Menjadi Bagian Operator Tambang, Dari Tidak Bisa Menjadi Bisa

Banyuwangi, indonesiatoday.co.id – Program on job training Female Green Operator atau pelatihan untuk para gadis alias remaja putri menjadi operator alat berat terus digeber PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Hingga saat ini, jumlah gadis Banyuwangi, Jawa Timur, yang berhasil dicetak menjadi operator alat berat sebanyak 10 orang.

Salah satu gadis yang beruntung adalah Vanesa. Dia berasal dari Dusun Ringinsari, Desa Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

“Saya senang sekali bisa mendapat kesempatan mengikuti program on job training Female Green Operator,” katanya, Selasa (30/1/2024).

Baca Juga: Ramai Soal Uang Transport KPPS Yang Belum Cair, KPU RI Buka Suara Terkait Besaran Nominal Yang Diterima KPPS

Alumni program Female Green Operator tahun 2020 ini bercerita. Sebagai perempuan desa pada umumnya, Vanesa mengaku tidak memiliki pengalaman apa pun tentang teknik otomotif. Apalagi tentang alat berat.

“Pengalaman yang saya miliki salah satunya sebagai penulis dan penyunting artikel,” ungkapnya.

Namun sejak dia mengikuti pelatihan, dia baru menyadari bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Dari awalnya yang buta sama sekali, Vanesa menjadi sosok srikandi alat berat yang piawai.

“Jujur, saya senang dan bangga. Karena tidak banyak perempuan yang bisa menjadi operator alat berat di dunia pertambangan,” cetusnya.

Dan membanggakan memang. Karena, untuk bisa menjadi operator alat berat, para remaja putri wajib lolos seleksi program Female Green Operator yang diinisiasi oleh anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk (PT MCG). Artinya, baik fisik dan mental harus siap lantaran mereka bakal menjalankan kendaraan berukuran raksasa.

Baca Juga: PT BSI Blak-Blakan Ajak Masyarakat Susun Program Pengembangan dan Pemberdayaan Atau CSR

Materi pelatihan yang diberikan meliputi teori kelas, simulator, latihan praktik dasar mengemudi di lintasan dan evaluasi akhir di lapangan.

Untuk diketahui, program Female Green Operator merupakan program pelatihan mengoperasikan alat berat yang digelar PT BSI. Setelah dinyatakan lulus, peserta akan menjadi karyawan tetap sebagai operator Articulated Dump Truck (ADT). (*)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: storyjatim.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini