Peran Satpol PP Bagi Pemerintah Daerah

Monday, 15 January 2024
Peran Satpol PP Bagi Pemerintah Daerah
Peran Satpol PP Bagi Pemerintah Daerah

indonesiatoday.co.id, Puruk Cahu - Keberadaan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memiliki peran penting dan signifikan khususnya bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya (Mura).

Pj Bupati Murung Raya Dr Hermon Msi menyebut Peran Satpol PP selain menjaga stabilitas juga berperan dalam kesejahteraan di tingkat pemerintah daerah.

Hermon mengungkapkan peran penting Satpol PP dalam menjaga ketertiban dan keamanan di lingkup Pemda Mura, peran mereka (Satpol PP) juga penting dalam beberapa aspek.

"Peran utama Polisi Pamong Praja adalah menegakan peraturan daerah, selain itu perlu di ketahui bahwa perannya juga melingkupi banyak hal lainnya," kata Pj Bupati, Senin (15/1/2024).

Dia menyebutkan di antaranya penyelenggaraan ketertiban umum yang sifatnya mengancam keamanan masyarakat, ikut dalam penanganan penyakit menular dan kesehatan masyarakat.

"Banyak peran penting lain dari Satpol PP, seperti ikut dalam membantu penanggulangan bencana, pengawasan lingkungan dan kebersihan, serta pemberdayaan masyarakat," uajrnya lagi.

Sehingga Pj Bupati Mura berharap Polisi Pamong Praja dapat meningkatkan kinerjanya serta menjalin kerjasama dengan instansi lainnya, baik kepolisian dan TNI serta lembaga kemasyarakatan lainnya.

"Peran dan fungsi strategis Satpol PP ini dapat di maksimalkan khususnya juga kedepan dalam mensukseskan penyelenggaran pesta demokrasi Pemilu 2024," tutupnya. (udi)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: kaltenglima.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini