Pentingnya Pemilu Bermartabat: Eks Menteri Agama Lukman Hakim Ungkap Isu Penting

Thursday, 18 January 2024
Pentingnya Pemilu Bermartabat: Eks Menteri Agama Lukman Hakim Ungkap Isu Penting
Pentingnya Pemilu Bermartabat: Eks Menteri Agama Lukman Hakim Ungkap Isu Penting

indonesiatoday.co.id - Dalam menghadapi tahun politik, Gerakan Nurani Bangsa yang terdiri dari berbagai tokoh mulai mengangkat isu pentingnya pelaksanaan pemilu.

Mereka tidak hanya menekankan pada kejujuran dan keadilan, tetapi juga menjunjung tinggi perdamaian dan martabat dalam proses pemilu.

Dalam hal ini, kami, sebagai bagian dari Gerakan Nurani Bangsa, sangat berharap agar pemilu ini tidak hanya berjalan jujur dan adil, tetapi juga berlangsung secara damai dan bermartabat.

Baca Juga: Wadansatgas Yonif 125/SI'MBSA Lakukan Kunjungan Sekaligus Bagi-bagi Sembako ke Kabupaten Mappi dan Asmat di Papua Selatan

Mengapa demikian? Karena siapapun yang terpilih dengan mayoritas suara dari seluruh rakyat, akan memiliki legitimasi yang kuat dan kualitas yang baik," kata Lukman Hakim Saifuddin, mantan Menteri Agama pada Rabu 17 Januari 2024.

Anggota-anggota Gerakan Nurani Bangsa ini terdiri dari tokoh-tokoh seperti Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Quraish Shihab, Sayyid Muhammad Hilal Al Aidid, Lukman Hakim Saifuddin, Karlina Rohima Supelli, Makarim Wibisono, Ign. Kardinal Suharyo, Pendeta Gomar Gultom, Alissa Wahid, Erry Riyana Hardjapamekas, Prof. Komaruddin Hidayat, dan tokoh-tokoh lainnya.

Beberapa poin penting berkaitan dengan pemilu bermartabat yang diungkapkan adalah:

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Dit Samapta Polda Jawa Barat, Lakukan Pengamanan dan Bantu Pengamanan di Kantor Bawaslu

1. Harapan agar pemimpin terpilih berasal dari proses yang bermartabat

Lukman menyatakan bahwa Pemilu 2024 tidak hanya penting bagi Indonesia, tetapi juga berdampak pada tatanan internasional.

"Oleh karena itu, kami berharap agar calon presiden dan wakil presiden yang terpilih melalui proses pemilu yang baik, berkualitas, dan bermartabat," ujarnya.

2. Menghindari intimidasi dan kecurangan

Lukman juga menyoroti urgensi pemilu yang berkualitas. Ia berharap agar semua bentuk intimidasi, manipulasi, dan kecurangan dapat dihindari sepenuhnya.

Baca Juga: Daftar Calon Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil 15 PKB, Gerindra, PDIP, Golkar Dan PKS Lengkap dengan No urutnya

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: insiden24.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini