Peluang Karir Menjanjikan, Penyandang Disabilitas Dapat Bergabung dalam Korps Bhayangkara

Sunday, 21 January 2024
Peluang Karir Menjanjikan, Penyandang Disabilitas Dapat Bergabung dalam Korps Bhayangkara
Peluang Karir Menjanjikan, Penyandang Disabilitas Dapat Bergabung dalam Korps Bhayangkara

indonesiatoday.co.id - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengambil langkah progresif dengan memberikan peluang karir kepada penyandang disabilitas untuk bergabung sebagai anggota Korps Bhayangkara.

Langkah ini mencakup baik perwira kepolisian maupun bintara, dan didasarkan pada UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, serta Peraturan Kapolri Nomor 10 Tahun 2016 tentang Penerimaan Anggota Polri.

Keputusan ini mencerminkan komitmen tinggi Polri dalam mewujudkan kesetaraan bagi seluruh warga negara.

Baca Juga: Angin Kencang Menyaput Wilayah Ciamis, Imbas Sejumlah Pohon Tumbang dan Ada yang Timpa Bangunan 

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As. SDM) Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan bahwa rekrutmen ini merupakan salah satu implementasi nyata dari komitmen tersebut.

"Dalam upaya menciptakan kesetaraan di semua lapisan masyarakat, Polri memberikan peluang kepada penyandang disabilitas untuk mengambil bagian aktif dalam Korps Bhayangkara”.

“Langkah ini sejalan dengan semangat UU tentang Penyandang Disabilitas yang bertujuan memberikan hak dan kesempatan yang setara bagi semua," ujar Irjen Dedi Prasetyo.

Baca Juga: Dianggap Berbahaya, Oncoran Ilegal Harus Dihentikan, Petugas Saluran Air Harus Tegas atau Diganti

Penyandang disabilitas yang berhasil direkrut akan ditempatkan dalam jabatan-jabatan strategis, termasuk di bidang Teknologi Informasi (TI), Siber, Bagian Keuangan, Bagian Perencanaan, dan Administrasi.

Meskipun bersifat non-lapangan, posisi-posisi ini memiliki peran penting dalam mendukung operasional Polri secara keseluruhan.

Keputusan ini diharapkan tidak hanya memberikan kesempatan berkarir bagi penyandang disabilitas tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan menerima perbedaan.

Baca Juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Buka Kesempatan Kaum Disabilitas Menjadi Anggota Polisi

Polri berkomitmen untuk memberikan dukungan dan fasilitas yang dibutuhkan agar penyandang disabilitas dapat menjalankan tugas mereka dengan baik.

Langkah ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam menciptakan kebijakan inklusif dan mendukung hak asasi manusia.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: insiden24.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini