Pakai Ijazah SD Diduga Palsu, Oknum Kades di Lahat Jadi Tersangka dan Ditahan

LAHAT, iNews.id - Kepala Desa Sugihwaras, Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat, Muhar (55) ditahan segera menjalani persidangan dalam kasus pengunaan ijazah diduga palsu. Unit Pidsus Satreskrim Polres Lahat telah melimpahkan berkas dan barang bukti ke Kejari, Kamis (25/11/2021). 

Kasus dugaan ijazah palsu ini bergulir sejak 2019 lalu. Bermuara dari laporan masyarakat, Unit Pidsus Satreskrim Polres Lahat melakukan penyelidikan. Setelah kurang lebih delapan bulan, polisi menemukan alat bukti yang cukup, sehingga Pidsus meningkatkan kasus tersebut ke tahap penyidikan. 

BACA JUGA:
Bikin Bangkrut Para Tetangga, Pemuda Palembang Ini Ditembak Polisi

Setelah didapatkan alat bukti dan pemeriksaan saksi saksi, maka penyidik menetapkan Kepala Desa Sugiwaras, Muhar sebagai tersangka pada November 2020. "Alhamdulillah, tahun 2021 ini kasusnya dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Negeri Lahat," ucap Kasat Reskrim Polres Lahat, AKP Kurniawi H Burmawi didampingi Kanit Pidsus, Ipda Chandra Kirana, Kamis (25/11/2021).

Diungkapkannya, ijazah diduga palsu tersebut terbitan sekolah dasar (SD) yang berada di Lubuklinggau, yang digunakan oleh tersangka untuk mendaftar paket B di tahun 2016. Kemudian ijazah paket B itu digunakan untuk pencalonan pada Pilkades 2019.

BACA JUGA:
Khitanan Massal untuk Anak Kurang Mampu di Palembang Dilanjutkan

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2
TAG : kepala desa ijazah palsu desa sugiwaras kabupaten lahat

Bagikan Artikel:
Artikel Asli
Dipublikasikan pada 25 Nov 2021 19:52 PM
Sumber: inews.id
IndonesiaToday merupakan situs agregator berita yang mengambil informasi dari berbagai sumber berita terpercaya dan menampilkannya dalam satu situs. Semua informasi yang ditampilkan adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis berita (sumber).
Komentar
Rekomendasi untuk Anda
Paling banyak dibaca hari ini